Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

0
36

Bongkar86. Com – Kopi kerap digunakan sebagai campuran perawatan tubuh. Kopi hadir dalam bentuk krim, masker, hingga lotion. Selain meningkatkan mood, kafein dalam kopi juga mampu memperbaiki kulit. Ada alasan mengapa perusahaan kosmetik mulai memasukkan kafein ke dalam rangkaian produk perawatan kulit mereka.

Kopi adalah sumber nutrisi dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kulit. Seseorang dapat menggunakannya untuk pengelupasan kulit, mengobati jerawat, meningkatkan aliran darah, dan menyeimbangkan kadar pH. Kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Nutrisi dalam kopi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan berbagai cara salah satunya adalah pengaplikasiannya pada kulit. Kini kopi juga banyak digunakan sebagai campuran masker. Masker kopi dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat hingga paparan sinar matahari.

Masker kopi mudah dibuat sendiri di rumah. Dengan bahan sederhana, kamu sudah dapat merasakan manfaat kopi di wajah. Berikut manfaat masker kopi bagi kecantikan dan cara membuatnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(21/8/2019).

Kopi sebagai agen eksofoliasi.

1. Masker kopi untuk wajah.

Bubuk kopi merupakan pengelupas yang bagus. Butiran kopi tidak larut dalam air, yang membuatnya cocok menggosok sel kulit mati. Hasil penelitian dari tahun 2013 menunjukkan bahwa zat dalam kopi juga membantu mempromosikan kulit yang sehat.

Asam caffeic, antioksidan, dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

2. Hilangkan mata panda

Mata Panda Bikin Nggak Pede, Yuk Hilangkan dengan 5 Cara Ini

Kafein merangsang pelebaran pembuluh darah. Ini meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu kulit mengencang secara alami. Hasilnya berupa pengurangan penumpukan cairan di bawah mata.

Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Coba oleskan di sekitar mata dengan pasta kopi yang sangat halus dan cairan dari kopi itu sendiri.

Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti dehidrasi, alergi, kurang tidur atau genetika. Meskipun kafein tidak dapat menyembuhkan lingkaran hitam herediter, sifat anti-inflamasinya membuatnya bermanfaat dalam mengurangi bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam. Kafein juga mengurangi penumpukan darah di bawah mata Anda yang berkontribusi pada bayangan gelap.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol. Ini dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari. Minum kopi atau mengoleskannya ke kulit adalah cara sederhana untuk mengantarkan antioksidan ini ke tubuh.

Penulis sebuah studi dari 2015 menyimpulkan bahwa peserta dengan konsumsi polifenol tertinggi, dari kopi atau sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik usia UV di wajah mereka.

4. Cegah radikal bebas

Radikal bebas bertanggung jawab untuk menyebabkan penuaan kulit dini. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan, garis-garis halus, dan hilangnya elastisitas. Tetapi kafein dapat membantu. Antioksidan yang terkandung dalam kafein dapat menyerang radikal bebas ini dan menghilangkannya.

Kandungan dalam kopi akan meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Untuk alasan ini, kafein banyak digunakan dalam krim siang dan malam anti-penuaan dalam hubungannya dengan retinol. Kafein juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna dalam mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.

5. Perawatan jerawat

Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat menjadikannya scrub wajah yang efektif melawan jerawat. Jerawat terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori, yang dapat terinfeksi oleh bakteri, mengakibatkan peradangan.

Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri.

Masker kopi untuk cegah penuaan dini dan radikal bebas

Caranya, campur bubuk kopi, bubuk cokelat, yogurt dan madu sampai mengental dengan rata, lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker. Terapkan 1-2 kali dalam seminggu.

Masker kopi untuk angkat sel kulit mati

Campur dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai mengental seperti pasta. Aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.

Masker kopi untuk hilangkan mata panda

masukkan 1 sendok makan bubuk kopi ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan 2 sendok makan dari minyak kelapa. Oleskan campuran kopi dan minyak kelapa di bawah mata. Diamkan selama 15 menit. Pijat bagian bawah mata dengan jari manis Anda dengan lembut selama sekitar 3 hingga 4 menit dan kemudian bersihkan minyaknya. Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.dilansir dari liputan 6.com(sit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here