Luncurkan Program Kartu Cerdas Multifungsi, Disdik Sumenep Akan Uji Coba di Tingkat SMPN Rujukan

0
60
Foto: Kepala Disdik Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M. Si,

Sumenep, Bongkar86. Com – Dinas Pendidikan Kabupaten (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali melakukan sebuah trobosan baru dalam mewujudkan pendidikan bermutu di Kabupaten Sumenep.

Setelah adanya program Digital School yang baru diresmikan tahun ini Disdik Kembali menemukan sebuah inovasi terbaru dengan diluncurkannya sebuah program Kartu Cerdas yang multifungsi.

Kepala Disdik Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M. Si, menyampaikan tujuan diluncurkannya program kartu cerdas ini tidak ada lain selain untuk mewujudkan pendidikan di Sumenep berkualitas, pasalnya dalam kartu itu terdapat beberapa fungsi yang dalam hal ini untuk menunjang proses belajar mengajar di setiap sekolah.

“Kartu itu nantinya berfungsi sebagai absensi siswa, dan juga berfungsi untuk tabungan para siswa,” jelasnya, Selasa (17/09/2019).

Lanjut Bambang, setiap siswa pemegang kartu cerdas nantinya akan diwajibkan menggesekkan kartu tersebut sebagai fungsi absensi. “Absensinya harus dilakukan dua kali, setiap masuk sekolah dan saat pulang sekolah, dengan begitu nantinya akan mebuat para siswa disiplin,” imbuhnya.

Bahkan, menurutnya absensi tersebut nantinya akan terhubung dengan para wali siswa. “Setiap siswa melakukan absensi akan ada pesan notifikasi terhadap orang tua, jadi para orang tua siswa akan mengetahui anaknya masuk sekolah dan sudah pulang sekolah,” paparnya.

Sedangkan untuk fungsi tabungan Disdik Sumenep sudah menggelar kerja sama dengan Bank Jatim, sehingga para tabungan siswa akan lebih aman jika sudah langsung masuk ke Bank.

Terkait penerapannya pihaknya menyampaikan dalam waktu dekat akan menggelar uji coba di sejumlah sekolah rujukan.

“Kartu siswa ini baru akan dilakukan uji coba di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri rujukan dan kami harap program ini berjalan lancar,” tutupnya.(naf/rest/apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here