Kunker ke Pulau Masalembu, Bupati Sumenep Tinjau Langsung Produk Unggulan Masyarakat Kepulauan

0
224
Foto: Bupati Sumenep, A. Busyro Karim bersama Nur Fitriana Busyro meninjau produk unggulan hasil masyarakat Masalembu

Sumenep, Bongkar86. Com – Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Sumenep bersama Forpimda ke Pulau Masalembu, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, sempatkan meninjau produk unggulan masyarakat Masalembu. Sabtu 16/11/2019.

Dalam Sambutannya, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, M.Si mengatakan kunjungan kerja ini merupakan program Pemkab Sumenep yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan bentuk kepedulian Forkopimda terhadap Wilayah kepulauan yang ada di Sumenep.

Selain itu, tujuan Bupati kunjungi Pulau Masalembu untuk meninjau langsung produk-produk unggulan yang ada di wilayah kepulauan.

Foto: Bupati A. Busyro Karim di dampingi Nur Fitriana Busyro melihat produk unggulan yang dihasilkan masyarakat Masalembu

Menurutnya setiap daerah di Sumenep memiliki sebuah produk unggulan yang beda-beda, tentunya hal itu menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemerintah karena di Sumenep kaya akan produk unggulan.

Bahkan dalam kegiatan kunjungan kali ini Pemerintah Kabupaten Sumenep merencanakan sejumlah agenda yang hal itu di khususkan untuk masyarakat kepulauan salah satunya dengan meberikan bantuan pangan.

“Nantinya akan diberikan bantuan pangan non tunai dari pemerintah. sebelumnya, bantuan Pangan diberikan tunai seperti raskin dan rastra, akan tetapi sekarang ini diberikan non tunai menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sehingga para menerima dapat menukar barang/ sembakau di tempat transaksi (E-warong),” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Menurutnya pula, bantuan pangan non tunai ini setiap bulan dan akan masuk rekening setiap tanggal 10 yang berjumlah 110 ribu, sedangkan untuk program keluarga harapan (PKH) selama 3 bulan sekali.

“Di Masalembu banyak uang yang nganggur, untuk itu kami mengajak kepada masyarakat untuk berkreasi mengembangkan potensi yang ada, sehingga kerajinan yang ada disini agar di perhatikan oleh Bapak Camat dan para Kepala Desa,” tegasnya

Pihaknya berharap supaya para Kepala Desa dan Camat mampu menjalankan pemerintahan yang baik di tingkat Kecamatan maupun desa. sehingga jangan ada permasalahan yang lama diungkit kembali, seperti pilkades bagi yang terpilih harus mengayomi seluruh masyarakatnya.

“Pemimpin adalah yang mampu mengerakkan masyarakatnya dan menjadi contoh yang baik, peningkatan SDM, pemberdayaan ekonomi masyarakatnya,” pungkasnya.

Sementara Camat Masalembu, Heru Cahyono, mengucapkan selamat datang kepada Bupati Sumenep beserta rombongan di Pulau Masalembu atas acara kunjungan kerja Bupati Sumenep beserta forpimda dan jajaran pemerintahan.

Menurutnya, Pulau Masalembu menjadi kebanggaan bagi masyarakat, yang mana Pulau ini terdiri dari tiga suku yaitu suku bugis, madura dan mandar serta mempunyai tiga pulau yaitu pulau keramian, pulau masakambing dan pulau masalembu, dengan keberagaman suku di Kabupaten Sumenep, masyarakat Masalembu semuanya hidup selaras dan damai.

Bahkan, kata Heru, di Kecamatan Masalembu banyak potensi-potensi yang dapat dijadikan destinasi wisata dan produk unggulan sehingga tahun depan bisa dijadikan visit Sumenep.

“Kami akan terus berupaya mengembangkan setiap potensi yang ada, sehingga masyarakat di Masalembu semakin sejahtera dan maju,” tutupnya.(yog/naf/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here