Komisi IV DPRD Minta Dinkes Pamekasan Tangani Meningkatnya Kasus DBD

0
179
Ilustrasi

Pamekasan, Bongkar86. Com – Meningkatnya penderita Demam Berdarah Deague (DBD) di kalangan masyarakat membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, angkat bicara akan keluhan rakyatnya, (04/02/2019).

Awal tahun 2019, tercatat sudah mencapai 25 orang yang terserang nyamuk Aedes aegipty dan dua diantaranya dilaporkan sudah meninggal dunia.

Sahur Abdi, ketua komisi IV DPRD Kabupaten Pamekasan menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat harus segera mengambil langkah kongkrit seperti fogging sampai kedesa-desa, untuk menanggulangi masalah tersebut, karena dari pihak dinkes mempunyai tanggung jawab atas persoalan ini.

“seluruh petugas puskesmas setempat harus segera bergerak ke semua plosok desa untuk melakukan fogging, karena hal itu sangat penting untuk mencegah penyakit DBD”. Tegasnya.

Sahur menambahkan, bahwa fogging memang tidak dapat dilakukan setiap hari. Maka dari itu Dinkes harus tepat sasaran dalam menangani persoalan ini, dan selalu menumbuhkan inisiatif serta melakukan altrnatif lain seperti sosialisasi terhadap masyarakat mengenai DBD dan cara – cara pencegahannya.

“kesiagaan dinkes sangat dibutuhkan mengenai persoalan DBD ini, dan secara intensif melakukan pencegahan dari tingkat kota samapai ke plosok – plosok desa, dan semua kalangan masyarakat harus tau tentang hal itu, bahwa penanggulangan penyakit DBD yang saat ini rawan menyerang masyarakat itu memang sudah menjadi tanggung jawab dinkes”. Tambahnya.

Sementara itu, Ali maksur selaku sekertaris Dinas Kesehatan menjelaskan, bahwa pihaknya sudah rutin melakukan pencegahan termasuk fogging dan sosialisasi kepada masyarakat melalui setiap Puskesmas.(Bob/En/Rest/Im).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here