Kodim 0827 Sumenep Dan 0826 Pamekasan Laksanakan Garjas Periodik

0
291

Sumenep, Bongkar86. Com – Kesiapan fisik Prajurit Kodim 0827 Sumenep dan Kodim 0826 Pamekasan dalam melaksanakan garjas periodik II diawasi langsung oleh team Jas Rem 084/Baskara Jaya, bertempat di alon-alon depan Makodim 0827 Jl. Kesatrian No.01 Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Kamis, (25/10/2018).

Kemampuan jasmani seseorang adalah salah satu unsur kemampuan manusia, yang memberikan gambaran pada postur prajurit sehingga dalam hal pembinaannya tidak kalah pentingnya dengan pembinaan unsur lainnya seperti mental dan intelektual. Hal tersebut tercermin pada kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ke II Ta. 2018.

Kegiatan kesegaran jasmani periodik ke II tersebut merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AD. Pelaksanaan garjas periodik yang di nilai yaitu Garjas A dan B, untuk Garjas A peserta wajib melaksanakan lari sepanjang 3.200 meter, sedangkan Garjas B meliputi Pull Up, Push Up, Sit Up dan Suttle Run.

Sebelum pelaksanaan tim Kesehatan dari masing-masing Kodim melaksanakan pengecekan kesehatan terlebih dahulu kepada peserta garjas, selanjutnya dilakukan apel pengecekan. Kapten Arm. Muasari selaku Pasipersdim 0827 pada saat mengambil apel menyampikan bahwa kegiatan semapta periodik ke-2 diikuti oleh seluruh prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI-AD. Sesuai yang sudah diagendakan kegiatan semapta periodik akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai hari ini tanggal 25-26 Oktober 2018, “jelas Pasipersdim”.

“Namun demikian tidak memaksa bagi anggota yang tidak mampu melaksanakan yang dikarenakan sakit, dan yang perlu diperhatikan adalah sebelum melaksanakan harus dicek kesehatannya oleh tim kesehatan yang ada di lapangan serta prosedur yang lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh Dinas Jasmani TNI – AD,” terang Kapten Arm. Muasari.

Harapan saya, dalam melaksanakan garjas agar dilaksanakan dengan serius dan selalu memperhatikan faktor keamanan serta kegiatan ini merupakan salah satu wahana pembentukan, peningkatan dan pemeliharaan jasmani militer baik perorangan maupun satuan dengan tujuannya agar terwujud kesempatan jasmani yang diperlukan guna mendukung pelaksanaan tugas, “papar Pasipersdim”.

Penekanan dari Pelda Agung (Batijasrem) salah satu Tim Jasrem 084/BJ menyampaikan arahannya bahwasanya kesegaran jasmani periodik bagi prajurit mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur prajurit dalam melaksanakan tugas. Pelaksanaan semapta periodik dilaksanakan 2 kali dalam setahun, hal ini untuk menguji kemampuan jasmani para prajurit dan PNS TNI.

“Adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani adalah lari dengan jarak tempuh 3.200 meter (samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (semapta B),” terang Batijasrem 084/BJ.

Setelah selesai melaksanakan garjas A dan B para Prajurit dari Satuan Kodim 0827 dan Kodim 0826, juga di tuntut untuk melaksanakan ketangkasan renang. Pada kesempatan kali ini ketangkasan renang dilaksanakan di Water Parks Sumenep (WPS).

Perlu diketahuai bagi para peserta garjas, untuk menentukan jumlah nilai samapta B adalah jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4. Dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasmani (samapta A+B) ini di bagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik, “pungkasnya”.

Sebagaimana diketahui awak media pendim yang ikut serta memantau pelaksanaan garjas periodik ke II tahun 2018, beberapa tim pendukung diantaranya; 5 Personil dari Jas Rem 084/BJ Dipimpin Pelda Agung selaku Batijasrem, Serka Zainudin, Serka Supriyadi, Serka Andre dan Seda Hermanto.

Tim kesehatan dari Kodim 0827 yaitu Dpp Serka Supandi, Sertu Hermanto dari Poskesdim Sumenep Ny.Ina dan Ny.Adrin. Sedangkan Tim kesehatan dari Kodim 0826 Pamekasan Serda Bardi, Koptu Suyatno dan Kopka Syaiful Bahri.(Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here