Kirab Pengembalian Pusaka Keraton Sumenep di Terima Langsung Oleh Bupati A. Busyro Karim

0
331
Kanan Bupati A. Busyro Karim saat menerima pengembalian pusaka keraton Sumenep di Pendopo Agung

Sumenep, Bongkar86. Com – Menutup acara penjamasan pusaka leluhur dan pusaka keraton yang dilaksanakan di Desa Aeng tong-tong, Kecamatan Saronggi kemaren, keris-keris pusaka keraton tersebut dikirab pulang kembali ke Pendopo Sumenep, Madura Jawa Timur. Guna disemayamkan pada tempatnya. Sekitar pukul 10.00 Wib. Senin 17/9/2018.

Dalam acara yang dihadiri oleh segenap jajaran forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan keluarga besar FKSM Sumenep, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, menjelaskan, acara penjamasan pusaka leluhur dan pusaka keraton tersebut bertujuan untuk mengangkat dan  memperkuat  program Pemerintah Kabupaten Sumenep yang masih satu rangkaian dengan program Visit Sumenep 2018.

Penjamasan ini adalah kali keduanya yang dilakukan Pemkab Sumenep, untuk kedepannya beliau berniat akan mengadakan acara serupa yang lebih besar. Dan akan mengundang lebih banyak pihak. Bahkan beberapa pihak dari kementrian terkait diagendakan ikut hadir.

Kanan Bupati A.Busyro Karim lakukan foto bersama setelah selesai terima pengembalian pusaka leluhur

Disampaikan juga, sejak jaman dahulu, Keris sudah menjadi simbol pada era kerajaan. Begitu pula pada masa penjajahan, keris tak surut pamornya bahkan malah makin eksis terkenal di belahan dunia. Dan saat masa-masa awal kemerdekaan nama keris mulai merosot ditinggalkan masyarakat.

Namun untuk saat ini, keris bisa dirasakan mulai naik pamor kembali, dan agar keris kembali jadi suatu hal yang istimewa, maka sangat diharapkan adanya dukungan dari semua lapisan masyarakat.

“untuk saat ini, kita harus mendukung penuh, agar pamor keris kembali menaik dan jadi hal istimewa,” ujarnya.

Busyro karim juga menerangkan, Keris mampu meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat, terutama masyarakat pengrajin dan pecinta pusaka. Terbukti untuk saat ini  harga keris  yang mulai menggeliat sampai ratusan juta rupiah.

“Untuk saat ini harga keris mulai mahal, hingga jutaan rupiah,” ujarnya. ( Ren/And/Apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here