Kerajinan Gerabah diPamekasan di Ambang Kepunahan

0
1276
Supar (70) saat menunjukkan hasil prouksinya

Pamekasan,Bongkar86.Com – Supar (70) warga Desa Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan,Madura Jawa Timur.seorang pengrajin gerabah sejak tahun 1961 sampai sekarang masih aktif dan hasil produksinya tidak pernah punah.

Gerabah dalam Bahasa Lainnya adalah Tambikar yang di perkirakan sudah ada sejak Prasejarah sebagai Alat kebutuhan Rumah Tangga serta sebagai keperluan kebudayaan dan Adat Istiadat diKabupaten Pamekasan.

“Gerabah merupakan salah satu bukti kearifan Budaya di Madura Khususnya di Pamekasan. Yang mana saat ini para Pengrajin Gerabah Terus memproduksi untuk menjaga keberlangsungan Warisan Leluhur.

Ibu Supar salah satu pengrajin Gerabah di Kabupaten Pamekasan tepatnya di desa Pademawu Barat mulai memproduksi Gerabah sejak tahun 1961 yang terus ditekuni sampai sekarang,” jelasnya.Rabu 21/3/2018.

“Dalam memulai memproduksi kerajinan Gerabah tersebt Ibu Supar lebih mengandalkan insting kreatifitas serta eksperimen karena memang tidak ada yang mengajarinya Namun berkat ketekunannya memproduksi gerabah pihaknya sangat mahir memproduksi barang tersebut.

Hasil karya Ibu Supar sudah pernah di Ekspor ke Bali Bahkan ke Australia. Namun sekarang pesanan gerabah hanya dari sekolah- sekolah dan ibu – ibu rumah tangga, sebab Ibu supar hanya bekerja seorang diri.

“Disini saya bekerja sendiri, anak saya sudah di ajari tapi gak mau karna ingin kerja lain saja” Ujarnya saat dimintai Wawancara oleh tim Bongkar86.Com.(hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here