Kelancaran dan Kenyamanan Kapal Pesiar Para Wisman Ke Sumenep, Disparbudpora Akan Lakukan Pengerukan Pelabuhan Kalianget

0
319
Foto : Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto

Sumenep, Bongkar86. Com – Demi kelancaran dan kenyamanan para wisatawan manca negara melewati jalur laut ke Sumenep, Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, sejak awal 2018 lalu meminta Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN memprogramkan pengerukan alur pelayaran kapal di Pelabuhan Kalianget.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto mengatakan bahwa pengajuan pengerukan dipelabuhan kalianget kepada Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN sudah kami ajukan sejak tahun 2018 lalu.

“Menurut Sofi, Pengerukan perlu dilakukan agar kapal pesiar yang membawa wisatawan manca negera (Wisman) Ke Sumenep bisa sandar di pelabuhan Kalianget. Sebab, selama ini kapal pesiar tidak bisa sandar dan terpaksa naik turunkan Wisman di tengah laut dengan menggunakan perahu menuju pelabuhan, ” jelasnya 21/3/2019.

Foto : Pelabuhan Kalianget Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep

Sehingga kapal pesiar yang membawa rombongan wisman ke Sumenep itu terpaksa harus sandar di sekitar Pantai Sembilan, Giligenting. Karena memang tidak bisa sandar di Pelabuhan Kalianget, ” terang Sofi.

“Bahkan kata Sofi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar ada pengerukan laut di sekitar Pelabuhan. Kami tinggal menunggu pengerukannya, ” ucapnya Sofi.

Lanjut Sofi, Apabila program pengerukan ini terlaksana maka para wisatawan dari manca negara bisa turun langsung di Pelabuhan Kalianget. Sehingga diprediksi akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian warga Sumenep. Sebab, wisatawan pasti akan membeli kebutuhan makan dan minum di sekitar pelabuhan Kalianget.

“Sofi menambahkan pada 2018 lalu, Sumenep dikunjungi para wisatawan nusantara sekitar 1.457.765 wisatawan dan wisatawan manca negara sekitar 3.500 wisatawan. Sebab, Sumenep memiliki banyak objek wisata, seperti Gili Labak, Giliyang, Pantai Lombang dan juga Keraton.( Rest/Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here