Keberadaan UKS di Sekolah, Ini Kata Sekda Sumenep

0
238
Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si saat menghadiri Pembukaan Pembinaan Manajemen Sekretariat Tetap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2019

Sumenep, Bongkar86. Com – Dalam rangka pelaksanaan Pembukaan Pembinaan Manajemen Sekretariat Tetap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2019 yang bertempat di Hotel Utami Jl. Trunojoyo No.51, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis 28/3/2014.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si di sela-sela pembukaan menyampaikan untuk keberadaan sekretariat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tidak hanya menjadi sekedar tempat pelayanan kesehatan untuk merawat siswa yang sakit, namun juga harus bermanfaat sebagai sarana informasi kesehatan yang aktual bagi para siswa.

“Saya harapkan UKS setiap sekolah memprioritaskan pengetahuan pada pencegahan narkoba dan menurunkan pecandu rokok, sebab persoalan itu makin marak di kalangan remaja saat ini.” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan, untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar sangat penting dilakukan, mengingat di era ini, maraknya peredarannya sudah mengintai generasi kaum muda hingga di pelosok-pelosok desa.

“Akibat peredaran narkoba yang semakin meluas perlu pengetahuan tentang bahaya dan dampak hukumnya bagi siswa, sehingga mereka tidak menjadi konsumen narkoba.” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, semua elemen baik masyarakat, keluarga dan sekolah memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga generasi muda utamanya para pelajar dari ancaman pengaruh narkoba.

“Karena itu Sekretariat UKS masing-masing sekolah melibatkan semua pihak berkaitan dengan masalah kesehatan di instansinya baik itu peserta didik, orang tua, para tokoh masyarakat maupun organisasi-organisasi di masyarakat,” sambungnya.

Mantan Kadis PU Bina Marga itu berharap, pelatihan tersebut bisa menghasilkan sinergitas dan komitmen bersama dalam pelaksanaan program UKS di semua jenjang pendidikan di Sumenep.

“Jangan pernah berhenti untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang program kegiatannya untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik, bebas narkoba serta menciptakan lingkungan yang sehat,” tutupnya(Yas/Rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here