Kantor PT Garam Resmi Kembali, Akankah Bermanfaat Pada Masyarakat Sumenep

0
355

Sumenep, Bongkar86. Com – Setelah sebelumnya memutuskan pindah kantor ke Surabaya, mulai tahun 2019 ini kantor PT Garam resmi kembali berkantor di Sumenep, Madura, Jawa Timur yang semula memang tempat asalnya.

Kantor yang berlokasi di Jl. Raya Kalianget itu diresmikan oleh Menteri (Badan Usaha Milik Negara) BUMN, Rini Soemarno pada Sabtu, 6 April 2019, dan masyarakat pun menyambut baik, sekaligus berikan kecaman.

“Kita senang kantor PT Garam Kembali lagi kesini (Kabupaten Sumenep), tapi kalau hanya sekadar kembali saja, manfaatnya untuk masyarakat tidak dirasakan,” kata salah satu masyarakat yang juga berstatus sebagai petani garam pada media ini, Minggu 7/4/2019.

Kritiknya lagi, kembalinya kantor PT Garam Ke Sumenep harus bisa memberikan kesejahteraan pada masyarakat dan harus bisa memberikan solusi terutama terhadap petani garam atau pekerja garam.

“Petani garam disini sering mengeluh tehadap stabilitas harga, contoh saja kalau masa panen raya harga garam stabil, tapi kalau sudah bukan musim panen raya harga itu cenderung turun, serta juga realisasi bantuan yang 17 hektar lahan PT Garam yang akan digarap oleh masyarakat” jelasnya.

Bahkan tidak hanya masyarakat petani garam atau pekerja garam yang memberikan kecaman, dikalangan aktivis pun juga berikan komentar seperti yang sempat diberitakan beberapa media sebelum masa peresmian.

“Kembalinya PT Garam ke Sumenep harus memberikan dampak yang positif, khususnya masyarakat sekitar. Jangan sampai tetap dengan kebiasaan lamanya,” terang Zen, Mantan Ketua Aktivis Kaukus Mahasiswa Sumekar (KMS).

“Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, pengelolaan dana Corporate Social Responsibility¬†(CSR) yang tidak transparan, juga Program Kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL) yang tidak di realisasikan yang wajib hukumnya bagi setiap perusahaan BUMN, ” jelasnya.(Yas/Rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here