Kadisparbudpora Drs. Ec. Carto, MM : Filosofi Dibalik Logo dan Tema Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-750

0
143

Sumenep, Bongkar86. Com – Jelang perayaan hari jadi Kabupaten Sumenep ke-750, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menyiapkan berbagai nuansa untuk memeriahkan pegelaran tersebut.

Salah satunya dengan ditetapkannya Tema dan Logo kegiatan tersebut. “Sumenep Rumah Kita” menjadi pilihan untuk Tema kegiatan, sedangkan untuk logo kegiatan yang dipilih ialah Rumah Adat Suku Bajau.

Kadisparbudpora Sumenep, Drs. Ec. Carto, MM

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Kadisparbudpora) Sumenep, Drs. Ec. Carto, MM menyampaikan tema dan logo kegiatan ini memiliki sebuah makna Filosofi, dimana dipilihnya tema “Sumenep Rumah Kita” menunjukkan jika Kabupaten Sumenep kaya akan Suku dan Pulau-Pulau.

“Kabupaten Sumenep itu dulunya adalah kerajaan yang memiliki banyak pulau, suku dan adat sehingga dipilihlah Tema dan Loga semacam itu,” katanya. Sabtu 14/09/2019

Menurutnya, Rumah Bajau sebenernya berasal dari negara Asia tenggara yaitu Filipina. Dimana pada dulu kala itu Suku Bajau mengembara sampai ke Sulawesi Selatan dan juga melewati Sumenep, Madura pada masa raja Arya Wiraraja.

“Dulu banyak ditemukan Rumah semacam itu dimana bentuknya seperti rumah panggung diatas laut,” jelasnya.

Selain itu Kabupaten Sumenep juga dikenal dengan Icon Kuda Terbang yang menunjukkan jika di Sumenep memiliki banyak suku dan budaya sedikitnya ada lima suku yang terkenal hingga sekarang. “Di Sumenep tidak hanya suku Madura. Tapi ada lima suku, diantaranya; Suku Bajau, Mandar, Bugis, Kangayan dan Madura sendiri, imbuhnya.

Bahkan, dari lima suku yang ada memiliki sebuah adat dan budaya yang beda-beda mulai dari segia bahasa dan yang lainnya.

“Seperti di Pulau Kangayan, Bajau dan Bugis bahasanya berbeda dengan Bahasa Madura yang ada didaratan namun, meski seperti itu tetap mereka itu merupakan rakyat Sumenep,” Pungkasnya.(naf/rest/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here