Kacabdin Jatim Wilayah Sumenep, UNBK SMA/MA Tahun Depan Harus Gunakan Layar Monitor

0
393
Foto : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM,

Sumenep, Bongkar86.Com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019, tingkat SMA/MA sudah berakhir, hal tersebut disampaikan Kacabdin wilayah Sumenep, Madura, Jawa Timur. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM.

Meskipun pelaksanaan UNBK secara umum berjalan dengan lancar, tetapi harus ada pembenahan untuk tahun selanjutnya.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM, bahwa pihaknya menginginkan tahun depan pelaksana UNBK di Kabupaten Sumenep sudah menggunakan CCTV atau kamera pengawas.

“Sehingga jika ada pihak-pihak terkait yang ingin melakukan pemantauan pelaksanaan UNBK saat berlangsung, mereka tidak usah memantau ke lokasi, ” jelasnya Sugiono. Selasa 9/4/2019

Menurut Sugiono, Biasanya saat pelaksanaan UNBK semua pihak melakukan pemantauan, seperti Bupati dan Wabup, atau pun Sekda, Beliu tidak perlu berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya hanya cukup pantau melalui layar monitor saja, ” terangnya

“Sedangkan untuk tahun ini yang menggunakan cctv khusus di kabupaten Sumenep hanya beberapa sekolah yang menggunakannya, “ucapnya

Jadi, lanjut Sugiono, pihaknya perlu dorongan agar tahun depan semua sekolah tingkat SMA/ MA sederajat sudah bisa menggunakan CCTV sebagai alat pengawasannya.

“Bahkan kata Sugiono, Inovasi ini sudah disarankan sejak tahun kemarin oleh pihak Jatim, “paparnya

Sugiono berharap untuk tahun depan di Sumenep khususnya sekolah tingkat SMA/MA sederajat untuk pelaksanaan UNBK harus ada pembenahan, agar pelaksaannya semuanya harus 2 (Dua) sesi,” ungkapnya

“Untuk diketahui berdasarkan jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat pada tahun ini dilaksanakan selama empat (4) hari, yaitu pada 1 April, 2 April, 4 April, dan 8 April 2019.

“Dengan jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun 2019 sebanyak 10.637 orang. Detailnya, SMA sebanyak 5.157 siswa sedangkan untuk MA (Madrasah Aliyah) sebanyak 5.480 siswa.

Sedangkan untuk jumlah penyelenggaranya adalah 226 lembaga, dengan perincian sebanyak 84 SMA dan 142 MA, baik di wilayah daratan maupun kepulauan.(Yas/Put/Rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here