Jelang Ramadhan 1439 H. Ratusan Santri di Periksa Kesehatannya Oleh Petugas Puskesmas Gapura

0
502
Suasna dalam pemeriksaan kesehatan santri oleh petugas Puskesmas Gapura

Sumenep, Bongkar86. Com – Menjelang Ramadhan 1439 H. Kepala PLT UPT Puskesmas Gapura Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada para Satri Pondok Pesantren Al-Karimiyah.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh PLT UPT Puskesmas Gapura Ahmad Nur untuk melakukan peninjauan dan pemeriksaan terhadap para santri Pondok Pesantren Al- Karimiyah Desa Braji Kecamatan Gapura dengan tujuan supaya santri dapat hidup sehat, tanpa penyakit.

Ahmad Nur PLT Kepala Puskesmas Gapura mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka melakukan pemeriksaan kesehatannya kepada para santri yang ada di pondok menjelang Ramadhan dan kegiatan ini tidak hanya berhenti di pondok pesantren Al-Karimiyah saja.

“Namun akan dilakukan terhadap Pondok Pesantren yang lain, sedangkan target utamanya adalah kapasitas santri yang lebih banyak, ” jelasnya Nur panggilan akrabnya. Jumat 20/4/2018.

Menurut Ahmad Nur sebagai PLT UPT Puskesmas Gapura ini menjelaskan dari ratusan santri yang ada di pondok pesantren tersebut hanya ada dua santri yang terjerat penyakit TBC. Namun hal itu telah di tangani oleh pihaknya, ” terangnya.

“Dari hasil pemeriksaan petugas kami tadi terhadap satri Al- Karimiyah tersebut diantaranya seperti penyakit Animea, Kekurangan darah, dan pusing-pusing itu juga banyak. Namun hal itu terjadi karena santri yang kurang mengontrol pola makan, ” tegasnya Nur.

Selain itu, Untuk memaksimalkan kesehatan satri di dalam pondok. Pihak Kesehatan sudah mendatangkan Tenaga Perawat atau Petugas Kesehatan ke Pondok Pesantren yang sisebut Pondok Kesehatan Pesantren ( Ponkestren ) Dan tenaga perawat tersebut melakukan diteksi secara rutin setiap hari terhadap santri, ” ucapnya.

“Menurut Liziani Da Busyro sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al – Karimiyah mengatakan dengan adanya penyuluhan dari pihak UPT Puskesmas Gapura ini, saya sangat mendukung dengan santri untuk hidup sehat.

Saya sangat berterima kasih dengan adanya hal ini. Karena santri disini sering terjerat penyakit terutama TBC. Kemungkinan besar karena populasi santri banyak dari kepulauan. Dan saya berharap kebelakang dapat meminimalisirkan kendala yang menimpa santri, ” kata Lizi

“Sementara Rinda sriayuni sebagai santri putri memberi tanggapan kepihak media kalau asosiasi seperti ini sering di lakukan oleh pihak kesehatan setempat, kadang dua bulan sekali itu paling lama”. Ucapnya.( uni /apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here