Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas DKPP Pamekasan Melakukan Sidak Ke Pasar Hewan

0
282

Sumenep, Bongkar86. Com – Dalam rangka melakukan pemantauan, pengawasan pada ternak ternak yang akan dijadikan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura Jawa Timur. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) sudah mulai melakukan sidak (inspeksi mendadak) di beberapa titik yang biasa dijadikan lokasi penjualan dan penampungan ternak.

Kepala DKPP Kabupaten Pamekasan, Bambang Prayogi, menjelaskan, sampai saat ini belum ditemukan hewan yang mempunyai penyakit. “Memang sejauh ini belum ditemukan hewan yang mempunyai penyakit, namun tetap harus kami waspadai karena kondisi sekarang sangat rawan yang disebabkan mutasi ternak sangat mobile sekali sehingga perlu kita awasi,” katanya.

Beliau menjelaskan, DKPP telah menerjunkan Tim dengan formasi yang lengkap mulai dokter hewan, paramedis hingga petugas yang biasa di lapangan. Bukan itu saja, tim tersebut siap dihubungi oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja, ” jelasnya Bambang. Senin 13/8/2018.

Bukan itu saja, pihaknya juga melayangkan surat ke beberapa tempat pemotongan hewan kurban seperti di mesjid maupun tempat lainnya guna sosialisasikan seputar hewan ternak yg layak untuk di dipotong, serta saran saran tentang cara pemotongan hewan.

“Kita juga melayangkan surat ke masjid-masjid, paling tidak kita juga mengantisipasi adanya sapi bunting ikut disembelih. Kerena apabila sapi bunting yang disembelih itu juga sudah mematikan dua hewan,” ujarnya menjelaskan.

Bambang juga menegaskan, pihaknya telah diturunkan  ke pasar-pasar untuk memantau, mengantisipasi adanya pedagang hewan kurban nakal yang kerap terjadi.

“Kita kan tahu banyak pedagang yang memberi minum ternak sebanyak-banyaknya sebelum dijual biar kelihatan gemuk, jadi jika memang ditemukan yang seperti itu maka kami tegur agar tidak melakukannya lagi karena itu berarti sudah menipu orang,” tegasnya.(Hen/And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here