Harga Tembakau Tak Jelas, Aliansi MPR Guluk Guluk Geruduk Disperindag Sumenep

0
780

Sumenep, Bongkar86.com – Harga tembakau tak jelas, masyarakat Guluk-guluk geruduk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kamis, 27/08/2020.

Masyarakat Guluk-guluk yang terhimpun dalam aliansi Majelis Pemuda Revolusi (MPR) tersebut mendatangi Disperindag guna meminta kejelasan terkait harga tembakau di Kabupaten Sumenep.

Menurut Noval sebagai Ketua aliansi MPR, pihaknya masih kebingungan soal persiapan pemerintah dalam mengawal penjualan tembakau hasil petani di wilayah Kabupaten Sumenep.

Sebab kata Noval, sampai saat ini Disperindag belum memberi kabar pasti soal harga penjualan tembakau tersebut. Sehingga, para petani yang tengah mempersiapkan hasil panennya selalu bertanya-tanya apakah tembakaunya bisa di jual mahal atau tidak.

“Kami kesini sebagai perwakilan suara rakyat, sebagian dari kami juga ada yang memang berasal dari kalangan petani”, ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Kabid Perindustrian Agus Eka Hariyadi menjawab bahwa pihaknya akan melakukan negosiasi antara gudang yang akan membeli dengan para petani sebagai penjual.

“Ini kan mengenai produsen dan konsumen, jadi kami harus melakukan negosiasi untuk menemukan titik temu berkenaan dengan harga”, jelasnya.

Selain itu, Agus menerangkan, tembakau itu termasuk barang bebas. Jadi, dalam penjualan tersebut pihaknya hanya sebagai pengawalan serta membantu bagaimana agar hasil panen para petani dapat di jual dengan harga yang layak.

“Tentunya kami akan menghimbau kepada pemilik gudang, setidaknya di beli dengan harga yang layak”, tandasnya.(Kit/byl/yog).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here