Hadiri Bursa Inovasi Desa di Bluto, Wabub Sumenep Tekankan Kepala Desa Berpikir Cepat Untuk Kemajuan Desanya

0
29
Foto: Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi

Sumenep, Bongkar86.com – Hadiri kegiatan bursa inovasi desa, Wakil Bupati Sumenep, Madura Jawa Timur, Achmad Fauzi menekankan agar Pemerintah Desa (Pemdes) mampu berpikir cepat dan memiliki sebuah inovasi demi kemajuan Desanya.

Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Aengdakeh, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (9/9/2019).

Sedangkan pesertanya merupakan Kepala Desa yang ada di masing wilayah Kecamatan Bluto, Kecamatan Saronggi, Kecamatan Giligenting dan juga Kecamatan Lenteng.

Dalam Sambutannya Achmad Fauzi menyampaikan, sebuah inovasi itu sangatlah penting untuk kemajuan suatu daerah, siapapun kepala desanya harus mampu berfikir lebih luas, berpikir kuat dan mampu membuat sebuah inovasi pasalnya saat ini sudah jaman digitalisasi dimana semuanya sudah ada keterbukaan sehingga informasi terkait inovasi sudah banyak kita temukan dimana saja tentunya Kepala Desa dapat belajar inovasi itu untuk kemajuan Desanya masing-masing.

“Sebagai Kepala Desa itu harus berani berinovasi dan dituntut berpikir luas dan berani melihat keluar, sehingga nantinya diketahui apa saja yang harus di evaluasi agar Desanya lebih maju kedepan,” katanya.

Lanjut Fauzi, Kepala Desa itu boleh mencontoh daerah yang lain yang sudah dianggap lebih maju dan lebih baik tentang apa saja mulai dari segi tehnologi, sistem administrasi, pengelolaan SDM, pemberdayaan Perempuan serta pengelolaan potensi yang ada di Desanya tersebut.

Menurutnya, cara yang paling mudah mengetahui hal apa saja yang kurang di daerah kita sendiri itu yakni dengan melihat daerah lain yang lebih maju dari daerah sendiri kita perlu belajar semacam itu sehingga kemajuan daerahnya segera terwujud.

“Filosofinya sederhana, semakin lama kita berpikir semakin lama kita mendapatkan hasilnya. jadi, kita harus berpikir cepat, kalau kita bisa bertanya atau berguru agar lebih cepat kenapa tidak,” tegasnya.

Kecepatan berpikir Kepala Desa itu penting, sehingga diperlukan sebuah inovasi dan perlu belajar ke daerah lain yang munkin daerah lain itu memiliki sebuah inovasi yang lebih baik dari daerahnya.

“Kepala Desa tidak boleh malu bertanya tentang apa saja demi kemajuan desanya, meskipun dalam hal itu bertanya kepada Kepala Desa lainnya,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here