Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, Bupati Sumenep Harapkan Masyarakat Berpartisipasi Mengisi Secara Online

0
216
Foto: Bupati Sumenep A. Busyro Karim

Sumenep, Bongkar86.com – Hadiri Rakoor sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep ingin seluruh komponen pemerintah di wilayah Kabupaten dan masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam mengisi Sensus Penduduk secara online. Selasa (18/2/2020)

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang rapat arya wiraraja dihadiri oleh Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edi Rasiyadi, Kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Sumenep Syaiful Rahman, Dandem 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna, Kejari Kabupaten Sumenep, Pimpinan OPD Sumenep, serta perwakilan Kepala Desa se Kabupaten Sumenep.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan, pelaksanaan Sensus Penduduk perlu menghasilkan kualitas data kependudukan yang falit. Karena menurutnya sensus ini sangat penting untuk berbagai kebutuhan pemerintah.

“Yang jelas, data hasil Sensus Penduduk ini menjadi dasar rujukan pemerintah daerah untuk berbagai kepentingan, di antaranya berkaitan dengan perumusan dan pengambilan kebijakan, evaluasi pembangunan dan perencanaan pembangunan,” ujar Bupati 2 periode itu.

Buya juga berharap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), baik di Kabupaten hingga Desa, termasuk jajaran TNI dan Polri mengajak masyarakat, untuk berpartisipasi aktif melakukan pendataan secara online maupun melalui wawancara oleh petugas sensus.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat di Kabupaten Sumenep, hendaknya pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 untuk memberikan data yang sesungguhnya, supaya pelaksanaannya menghasilkan data yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“untuk mewujudkan pembenahan satu data kependudukan yang valid dan akurat, mari kita bangun komitmen bersama untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020″ kata Buya

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, Syaiful Rahman mengatakan, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 melalui online dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret mendatang, dengan mengakses website https://sensus.bps.go.id.

“untuk Sensus Penduduk yang dilakukan secara offline atau sistem wawancara oleh petugas akan dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Juli mendatang,” pungkasnya.(yog/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here