Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pesta Ketupat dengan Tiga Pilar, Kepala Disparbudpora Sumenep Tegaskan Destinasi Wisata Ditutup Total

0
537
Foto : Suasana rapat koordinasi antisipasi Covid-19 menjelang pesta ketupat 2020

Sumenep, Bongkar86.com – Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Madura Jawa Timur, gelar rapat koordinasi antisipasi Covid-19 menjelang pesta ketupat 2020.

Acara tersebut bertempat di Gedung pertemuan LKS Gotong Royong Kabupaten Sumenep dan dipimpin langsung oleh Kepala Disparbudpora Sumenep Drs. Bambang Irianto, M. Si diikuti Polsek, Batang Batang, Polsek Dasuk, Polsek Kota, Kasat Sabhara, Koramil 0827 Sumenep, Perijinan, Dinkes, Dishub, Satpol PP, Kades Lombang, Kades Semaan (Dasuk) dan Camat. Kamis 28/5/2020

Kapala Disparbudpora Sumenep Bambang Irianto mengatakan bahwa untuk mengantisipasi pesta ketupat 2020, kami mengundang semua elemen baik dari Polres, Kodim maupun Forpimda dan Forpimka, kades juga pemilik destinasi untuk melakukan penjagaan penutupan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Sebab suasana Covid-19 ini sangat memberatkan dan menjadi potensi utama bagi kami (Disparbudpora), karena pesta ketupat bagi masyarakat Sumenep dan sekitarnya sudah menjadi budaya tiap tahun tetapi untuk tahun ini tidak terlaksana karena adanya pendemi Covid-19.

Menurut Bambang, semua destinasi wisata harus ditutup tidak boleh ada yang buka terutama yang harus diwaspadai dan diantisipasi yaitu pantai Lombang dan Slopeng sebab kedua wisata tersebut sudah menjadi budaya bagi masyarakat luas bila pesta ketupat ditempat tersebut banyak pengunjung.

Sementara Kasat Sat Sabhara Polres Sumenep Abd. Mukit menegaskan dengan keputusan bersama bahwa semua destinasi wisata diwilayah Kabupaten Sumenep ditutup tidak boleh ada yang buka ini demi mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan alasan apapun.

“Apabila masyarakat masih mangkel berwisata ke tempat tersebut maka kita halau, himbau secara humanes.

Menurut Mukit, sebelum pelaksanaan pesta ketupat itu maka dinas pariwisata akan mengumumkan baik melalui media Cetak,Online, Radio, IG dan Facebook bahwa desrinasi wisata di Sumenep ditutup total agar masyarakat bisa menyadari adanya pencegahan Covid-19 dan sumenep tetap kondusif.

“Sedangkan untuk pengamanan dari Polres Sumenep akan diturunkan mulai H-1 pada hari Sabtu (30/5) ke tempat-tempat wisata yang ada diKabupaten Sumenep agar melakukan penyetopan pengunjung masuk ke tempat wisata.

Lanjut Mukit, yang paling kita fokuskan yaitu ke tempat wisata Lombang dan Slopeng karena disana kita tau di dua lokasi tersebut sangat diminati pengunjung disaat pesta ketupat.

“Mukit menegaskan, nanti mana kalah ada pengunjung baik warga sumenep maupun luar sumenep tetap kita himbau supaya balik arah (pulang) ke rumahnya masing – masing.(fer/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here