Gelar Rakor Prokes Pilkada 2020 Bersama Kedua Paslon, Bupati Tekankan Jangan Ada Yang Melanggar

0
243

Sumenep, Bongkar86.Com – Mendekati masa kampanye, Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim mengundang Kedua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumenep dalam rapat koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Pilkada 2020 Sumenep, Madura, JawabTimur. Jum’at, 25/09/2020.

Kegiatan yang di pimpin Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim tersebut di gelar di ruang rapat Arya Wiraraja, tepatnya di lantai dua Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Sumenep, yang di hadiri Sekertaris Daerah Edy Rasiyadi, serta juga ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Anwar Noris.

Pada kesempatannya, Abuya Busyro Karim menyampaikan bahwa dalam Pilkada Sumenep tahun 2020 harus berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebab kata Buya sapaan akrabnya, Hal itu telah di tetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Bupati dua periode itu juga menerangkan bahwa peningkatan protokol kesehatan juga telah tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) no.6 tahun 2020.

“Bahkan hukumnya sudah di tegakkan dengan menerapkan sanksi sosial dan denda administrasi”, imbuhnya.

Selanjutnya Buya menjelaskan, untuk melaksanakan kampanye yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan juga ada ketentuannya, yaitu meliputi jumlah orang yang hadir dan kewajiban bermasker.

“Misalkan kampanye itu di luar ruangan, makasimal berjumlah 100 orang dan untuk di dalam ruangan maksimal 50 orang”, ucapnya.

Buya juga sempat mengingatkan terhadap kedua paslon bahwa adanya ketentuan tersebut tidak boleh di siasati lagi atau membuat metode sendiri sehingga nantinya ada pelanggaran dalam jumlah hadirin yang di undang.

“Bisa jadi kan jika para paslon mengundang masyarakat banyak tapi di jadikan kelompok, misal di rumah ini 50 dan di rumah itu 50, kalau 6 rumah kan genap jadi 300 orang dalam satu kampanye”, guyonnya.

Kemudian, Buya berharap supaya dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 tetap berjalan dengan sesuai harapan, yaitu aman, kondusif, dan tetap sehat.(Kit/byl/yog)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here