Gebyar GEMARIKAN, Pemkab Sumenep Adakan Lomba Bakar Ikan Dan Mewarnai

0
813

Sumenep, Bongkar86. Com – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kelautan dan Perikanan adakan kegiatan Gebyar GEMARIKAN yang dikemas dengan mengadakan lomba bakar ikan dan mewarnai yang bertempat di Desa Longos, Kecamatan Gapura. Senin (24/9/2018).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumenep Ir. Arif Rusdi dalam laporannya menjelaskan adanya kegiatan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) bertujuan Sebagai upaya untuk memasyarakatkan gemar menkonsumsi ikan.

Selain itu pula sebagai upaya untuk mendorong dan mendongkrak peningkatan kunsumsi masyarakat terhadap ikan, jika hal ini terwujud maka akan berdampak luar biasa terhdap masyarakat.

“Telah kita ketahui bersama bahwa menkonsumsi ikan menurut keterangan medis selain baik terhadap kesehatan juga mencerdaskan”, kata rusdi ketika menyampaikan laporannya kepada hadirin yang hadir saat kegiatan berlangsung.

Oleh sebab itu pihaknya sangat berharap ada sinergitas antar OPD se Kabupaten Sumenep sebagai upaya agar cita-cita semacam ini bisa tercapai.

“Sinergitas semua lembaga pemerintahan di sumenep sangat dibutuhkan, dalam mensosialisakan pentingnya masyarakat dalam menkonsumsi ikan, dengn seperti itu akan tercipta penigkatan masyarakat dalam menkonsumsi ikan”, paparnya.

Sementara menurut ketua Forikan Kabupaten Sumenep Nur Fitriana Busyro dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan sosialisasi Gemarikan disini sudah menjadi program nasional yang sudah bertahun-tahun di kabupates sumenep, kegiatan semacam sudah dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa.

“Sosialisasi Gemarikan dilaksanakan di daerah yang tingkat konsumsi ikannya paling rendah, sehingga dengan begitu akan tercipta kanaikan yang signifikan”, kata Nur Fitriana dalam sambutannya.

Dengan program ini pihaknya berpendapat mampu memperkenalkan sejak dini manfaat konsumsi ikan terhadap anak-anak, karena kita tahu ikan merupakan sumber protein dan sumber omega 3 (tiga) yang bisa mencerdaskan dan juga menyehatkan.

“Selain itu manfaat ikan juga dapat mempercepat pertumbuhan tubuh dan juga dapat mengebalkan daya tahan tubuh”, pungkasnya.(Ren/Fei).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here