Forkopimka Dasuk Jamin Perhelatan Pilkades Serentak 2019 Berjalan Kondusif

0
115
Foto: kiri Iptu Hudi Susilo, S.H, Kapolsek Kecamatan Dasuk bersama Camat Dasuk Sumarsono, SH, M.Si

Sumenep, Bongkar86. Com – Perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Sumenep menjadi perhatian serius oleh sejumlah lembaga pemerintahan, tidak terkecuali dengan apa yang dilakukan oleh Forkopimka Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Situasi Pilkades sangatlah berbeda dengan perhelatan Pimilu lainnya, sejumlah persoalan kecil kerap kali terjadi yang dapat memicu konflik besar antar warga. sehingga, perlu adanya perhatian serius oleh sejumlah pihak.

Namun, meski hal demikian rentan terjadi didalam kehidupan masyarakat, Forkopimka Dasuk jamin perhelatan Pilkades di wilayah setempat berjalan aman dan kondusif.

Seperti yang disampaikan Iptu Hudi Susilo, S.H, Kapolsek Kecamatan Dasuk bahwa untuk pelaksanaan Pilkades di Kecammatan Dasuk siatuasinya aman dan kondusif. Selama ini menurutnya tidak ditemui sebuah persoalan yang dapat memicu sebuah konflik.

“Pantauan kami, segala pesiapan yang dilaksanakan sejak kemarin. mulai dari tahapan penjaringan sudah selesai dan tidak ada masalah, saat ini tinggal menunggu penetapan dan alhamdulillah untuk situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” katanya, Jum’at (06/09/2019).

Menurutnya untuk saat ini kinerja Kepolisian masih sama dengan hari-hari biasa, hanya saja sambil lalu mencermati situasi apapun di Masyarakat.

“Itu sudah sesuai dengan tugas kita dalam pemeliharaan keamanan masyarakat (Harkantibmas) dan itu merupakan prioritas utama kami disini,” imbuhnya.

Selain itu, dalam upaya menjamin kondusifitas pelaksanaan Pilkades di Dasuk pihaknya selalu berkoordinasi dengan sejumlah pihak mulai dari Camat, TNI dan Panitia Pilkades di setiap Desa serta sejumlah Tokoh Masyarakat.

“Jika sudah hampir pelaksanaan nanti, kami akan lakukan Patroli khusus dengan harapan situasi akan berjalan kondusif dan kemudian apa yang diharapkan masyarakat dalam memilih para pimpinannya akan sesuai apa yang diharapkan,” pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Camat Dasuk, Sumarsono, SH, M.Si, menyampaikan dari 15 Desa di wilayah Kecamatan Dasuk yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2019 hanya 13 Desa saja, 2 Desa masih akan melaksanakan tahun depan.

“Alhamdulillah, untuk sementara tidak ada masalah walaupun disisi lain masih diminta untuk menjembatani dan konusltasi adanya kesulitan-kesulitan dibawah,” jelasnya.

Dia juga menyatakan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkades sudah ia lakukan, baik kepada Panitia Pilkades da BPD di setiap Desa.

“Untuk antisipasi terhadinya konflik, kita melakukan komunikasi dengan panitia secara berkala untuk memastikan tahapan pelaksanaan Pilkades di Dasuk berjalan aman dan kondusif,” pungkasnya.(Naf/Yog/Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here