Festival Taneyan Langsung Masuk Agenda Wisata Budaya, Ini Alasan Disparbud Pamekasan

0
213
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Kabupaten Pamekasan Achmad Sjaifuddin

Pamekasan, Bongkar86. Com – Festival Taneyan Lanjheng menjadi salah satu program dalam agenda wisata budaya yang dirilis oleh Pemkab Pamekasan, Madura Jawa Timur, yang akan dilaksnakan pada 27 Juli 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Kabupaten Pamekasan Achmad Sjaifuddin mengatakan, Taneyan Lanjhang boleh terbilang masuk yang paling unik, lantaran tahun lalu tidak pernah dijadikan agenda khusus.

“Eksplorasi kita tentunya akan berusaha mengenalkan budaya lokal kita pada orang luar,” Ujarnya. Rabu 6/3/2019.

Menurut Ahmad, sejak awal juni lalu, Taneyan Lanjhang menjadi ikon wisata yang disorot oleh beberapa masyarakat. Bahkan, sempat dijadikan pameran produk batik yang diadakan oleh Komunitas Batik Jawa Timur (Kibas).

“Harapan kami, lokasi taneyan lanjhang di dusun Buddagan, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, akan menjadi jujukan wisata di Pamekasan,” Ujarnya.

Eks Kadis Pu Pengairan ini melanjutkan diantara kegiatan lain yang bakal dilaksanakan Disparbud adalah Lomba Musik Patrol pada 27 April 2019, Gebyar Budaya Lebaran Ketupat pada 12 Juni 2019.

Selanjutnya, ada Grand Final Pemilihan Kaconk dan Jhebhing Madura, Grand Final Pemilihan Putra dan Putri Batik, Musik Patrol dan Karapan Sapi tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus. Sementara kontes kecantikan Sapi Betina atau Sapi Sono’ akan digelar pada 27 September 2019.

Khusus untuk memperingati Hari Jadi Pamekasan yang sudah menjadi rutinitas tahunan, serangkaian kegiatan akan dimulai pada Oktober 2019, berupa kegiatan Pamekasan School Fair, Festival Budaya Madura, dan Madura Etnic Carnival, Malam Kemilau Madura, Musik Daul Festival dan Pamekasan Drumband Carnival.

“Khusus November dan Desember ada Festival Seni Pencak Silat dab Jumiang Bech Festival sekaligus Pesta Rakyat Pesisir atau Petik Laut,” Pungkasnya.(din/deb/rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here