Dua WNA Masuk DPT Pemilu 2019

0
477
Foto : Ketua Bawaslu Sampang Insiyatun.

Sampang, Bongkar86. Com – Temuan Warga Negara Asing (WNA) masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak hanya terjadi di Pemerintah Pusat. Namun temuan serupa juga terjadi di Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sampang menemukan dua WNA masuk DPT Calon Legeslatif (Caleg) dan Pemilihan Presiden (Pilres) Pemilu 2019.

Dua WNA tersebut atas nama Nouf Ahmed Y Alqithmi dan Rehan Ahmed Y Alqithmi. Mereka sama – sama kewarganegaraan Jeddeh Arab Saudi.

Foto : Ketua Bawaslu Sampang Insiyatun menunjukkan data WNA masuk DPT.

“Yang ber-KTP Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bernama Nouf, sementara atas nama Rehan memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS),” kata Ketua Bawaslu Sampang Insiyatun. Sabtu 9/3/2019.

Ditemui ruang kerjanya dia menyampaikan, temua WNA masuk DPT hasil verifikasi data oleh Panwas Kecamatan Omben. Untuk membuktikan keabsahannya, dirinya melakukan singkronisasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang.

“Alhamdulillah, hasilnya sama dengan temuan kami. Dan dua WNA itu dicoret dari DPT usai berkomunikasi dengan KPU Sampang,” ujar perempuan kelahiran Sumenep itu.

Alasannya, Insiyatun menerangkan karena dua WNA tersebut telah kembali ke tanah kelahirannya. Yakni Jeddeh Arab Saudi. Karena Panwas Kecamatan Omben telah melakukan verifikasi kembali keberadaan mereka.

“Laporan yang kami terima, mereka sudah pulang ke Arab Saudi,” terangnya.

Dia menyebutkan, ada tujuh WNA yanh diduga akan masuk list DPT. Namun Bawaslu Sampang segera melakukan tindakan. “Mereka itu ada berasal dari Jeddah Arab Saudi, Malaysia, India dan Banglades,” tuturnya. (man/rest/apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here