Dua Tahun Jadi DPO, Spesialis Curwan asal Batu Putih Ditangkap Polisi

0
1389

Sumenep, Bongkar86.Com – DPO pencuri hewan (Curwan) berhasil ditangkap oleh jajaran Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (4/2/2018), sekitar pukul 21.00 Wib.

Tersangka yang diketahui bernama Hairul Amin, warga Dusun Bekokah, Desa Tangedan, Kecamatan Batuputih, ditangkap di area Pelabuhan Kalianget, pada saat turun dari kapal. Penangkapan dipimpin langsung oleh Kanit dan Banit Reskrim Polsek Batuputih.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukit menyampaikan dalam rilisnya, bahwa penangkapan terhadap tersangka (Hairu Amin) merupakan pengembangan kasus sebelumnya. Dimana pada tanggal 24 Pebruari 2016 lalu, tersangka bersama dengan tersangka lainnya, Parto, Atlani, dan Runi, mencuri sapi milik Abdurrahman.

Modus yang dilakukan, para tersangka berangkat melancarkan aksinya dari rumah Runi. Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), tersangka merusak pintu kandang sapi milik Abdurrahman. Kemudian mereka masuk ke kandang dan mengambil dua ekor sapi dengan cara memotong tali pengikatnya.

“Lalu sapi tersebut diserahkan ke Asdino, warga Desa Tamidung, Kecamatan Batang-batang untuk diamankan,” terang Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukit, Senin (5/2/2018).

Kata Mukit, sapi-sapi tersebut berhasil ditemukan oleh petugas di kandang milik Asdimo. Kemudian Asdino, Parto, Atlani, dan Runi berhasil ditangkap dan berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep dengan nomor BP/1/III/2016/Polsek, tanggal 20 Maret 2016.

“Keempat tersangka sudah menjalani hukuman di Rutan Klas II B Sumenep. Sedangkan Hairul Amin berhasil melarikan diri dan diterbitkan DPO (daftar pencarian orang),” jelasnya.

Kemudian, pada tanggal 4 Februari 2018, tersangka Amin berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian Batuputih di Pelabuhan Kalianget. “Tersangka langsung diamankan dan digiring ke Polsek Batuputih untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka Hairul Amin akan dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 1e, 3e, dan 4e KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (APO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here