DPMPTSP Sumenep Luncurkan Sistem OSS Guna Mempermudah Ijin Usaha Masyarakat Dan Investor Dalam Penanaman Modal

0
236
Achmad Fauzi Sebagai Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi di dampingi Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumenep, Abd Majid Melakukan Pemantauan Pelaksanaan sistem layanan Online Single Submission (OSS) di kantor DPMPTSP

Sumenep, Bongkar86. Com – Diluncurkannya sistem layanan Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten, Madura, Jawa Timur. Senin 4/3/2019.

Dengan adanya program OSS tersebut, para pelaku usaha maupun para investor kini dapat melalukan perungurusan izin usahanya secara online.

A Busyro Karim, Bupati Sumenep di dampingi Achmad Fauzi Waki Bupati Sumenep Melakukan Pemantauan Pelaksanaan sistem layanan Online Single Submission (OSS) di kantor DPMPTSP, Senin 04/03.

Achmad Fauzi Sebagai Wakil Bupati Sumenep dengan diterapkannya sistem OSS tersebut mengharapkan bisa mempermudah pelayanan untuk masyarakat dan perusahaan, terlebih juga untuk menarik minat para investor ke Kabupaten ujung timur pulau Madura ini.

“Dengan sistem ini, diharapkan akan lebih banyak lagi investor yang datang untuk menanamkan modalnya di sini, jangan lupa juga mensosialisasikannya agar masyarakat paham terutama pelaku usaha” terang Fauzi.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumenep, Abd Majid mengatakan penerapan sistem Online Single Submission (OSS) sebagai penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sistem ini juga memiliki tiga pilar besar yang menjadi latar belakang dalam pengembangannya.

Pertama, mempermudah perizinan, memonitor, dan mengawal permohonan investasi. Kedua, membangun di sektor teknologi informasi dan yang Ketiga melakukan penyederhanaan dalam proses perizinan.

“Dengan sistem ini, nantinya semua proses perizinan dari permohonan sampai dengan penerbitan dokumen akan diterbitkan melalui OSS,” ujarnya.

Secara garis besar, ujar Majid, terdapat pembagian izin berusaha, yakni mulai dari izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Sedangkan pemohon perizinan ber – usaha terdiri atas pelaku usaha perseorangan dan pelaku usaha non perseorangan. Nantinya, jika ada pemohon yang belum dimengerti bisa langsung datang ke kantor DPMPTSP Sumenep untuk dapat dibimbing dalam proses permohonannya.

“Kita siap membantu para investor yang akan mengurus perizinannya, kita juga akan menyiapkan segala sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Bahkan kata Majid caranya cukup terbilang mudah hanya dengan mengakses laman www.oss.go.id yang dapat diakses 24 jam, di mana saja dan kapan saja.(Ilyas/Rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here