DPM-PTSP Akui Tambak Udang Pakandangan Barat Belum Ada Izin, Satpol PP Sumenep Takut Ambil Tindakan

0
89

Sumenep, Bongkar86. Com – Setelah didatangi puluhan mahasiswa soal tambak udang yang berada di Desa Pakandangan Barat, Kecamatan Bluto Sumenep, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sumenep, Madura Jawa Timur, akui belum mengeluarkan izin operasi.

Diberitakan sebelumnya jika sejak beberapa hari lalu tambak udang yang berada di Pakandangan Barat sudah mulai beroperasi kembali padahal beberapa bulan lalu ditutup paksa lantaran tidak memiliki izin operasi.

“Kami baru tahu kemarin jika tambak udang disana operasi kembali, memang sudah memproses izin tetapi kami belum merekomendasikan,” kata Kukuh Agus Sesyanto Kabid Perizinan DPM-PTSP Sumenep, kamis, (12/9/2019).

Lanjut Kukuh, setelah dalakukan penutupan bulan lalu pihak terkait (pemilik tambak, red) memang melakukan pengajuan izin, tetapi pihaknya tidak langsung serta merta memberikan izin karena ada beberapa prosedur yang harus dilalui.

“Sampai hari ini izin operasi tambak tersebut belum kami rekomendasikan,” tukasnya.

Sementara itu, pihak Satpol PP Sumenep saat dikonfirmasi soal ketegasannya dalam menerapkan sebuah undang-undang selalu saja memberikan alasan jika selama ini tidak ada rekomendasi dari Dinas Perizinan terkait tindakan apa yang harus diambil oleh lembaganya.

“Kami mas, tidak bisa ambil tindakan, lembaga kami masih nunggu rekomendasi apa dari Perizinan, jika tidak rekomendasi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Nurus Dahri Kabid Penegakan Perda Satpol PP Sumenep.

Satpol PP yang dalam hal ini memiliki tanggung jawab sebagai penegak tata tertib dibuat tidak berkutik dengan persoalan tambak udang ini. Bahkan, hal ini bisa dianggap sebuah kelalaian dari Satpol PP.

Pasalnya, Tambak udang yang berada di Pakandangan Barat sudah jelas-jelas melanggar aturan yaitu beroperasi tanpa memiliki izin operasi.

“Kami harus nunggu dulu rekomendasi dari perizinan, kami tidak bisa melakukan sesuatu tanpa ada kejelasan dari pihak terkait,” tukasnya.(naf/kom/rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here