Ditengah Pandemi Covid-19, Kepala Puskesmas Pandian Tetap Lakukan Pemberian Vaksin Imunisasi Pada Bayi Memutus Mata Rantai Virus Ganas

0
647
Foto: Kepada Puskesmas Pandian Achmad Samsuri Foto: Kepala Puskesmas Pandian Achmad Samsuri

Sumenep, Bongkar.com – Pemberian vaksin atau imunisasi pada bayi ditengah masa pandemi Covid-19 tetap dilakukan oleh pihak Puskesmas Pandian. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Pandian, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu 06/05/2020.

Bahkan di tengah wabah virus corona, justru imunisasi pada bayi sesuai jadwal turut memutus mata rantai penyebaran virus ganas itu.

Achmad Samsuri Kepala Puskesmas Pandian mengatakan, bahwa vaksin atau imunisasi pada bayi tetap akan kami lakukan, tetapi dilakukan di tempat Polindes.

“Sedangkan yang tidak tidak datang ke Polindes atau pelayanan terdekat maka dikunjungi ke rumah dimana balita tersebut berada.

Menurut Samsuri untuk Penangan balita khususnya yang berkunjung ke Puskesmas pandian itu seperti biasa, namun selama pandemi ini pihak puskesmas mewajibkan kepada orang tua balita saat memasuki puskesmas memakai protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, serta menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

“Skrining (pemeriksaan) dilakukan di awal, baik terhadap orang tua atau pengantar dan anak yang akan diimunisasi.

Lanjut Samsuri pemeriksaan awal, tidak hanya meliputi pengukuran suhu tubuh tetapi juga pemeriksaan gejala sakit seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas.

“Selain itu, kata Samsuri penggunaan masker juga merupakan salah satu hal yang penting untuk mencegah penularan COVID-19”.

Samsuri menghimbau kepada masyarakat yang antri untuk tetap jaga jarak. Dengan begitu penyebaran covid-19 ini bisa maksimal di lakukan, baru setelah itu dilakukan pemeriksaan.

“Sedangkan untuk pemeriksaan secara khusus kepada kasus virusnya sampai saat ini belum ada, tapi untuk kasus lainnya seperti batuk dan pilek itu tetep seperti biasanya.

Samsuri menegaskan sampai saat ini masih banyak yang berkunjung ke Puskesmas Pandian, bahkan dari luar wilayahpun ada. Tetap kami layani. (fit/icha/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here