Disdukcapil Sumenep Terkendala Mobil Mepeling, Untuk Mempermudah Pelayanan Publik

0
341
Foto : Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Wahasah

Sumenep, Bongkar86. Com – Meskipun sudah melakukan berbagai inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk lebih mempermudah pelayanan terhadap masyarakat khususnya di pelosok desa masih terkendala.

Seperti disampaikan Drs. Akh. Zaini, M.M Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumenep melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Wahasah, pihaknya mengatakan selama ini yang menjadi kendala di Dinasnya ada pada sarana mobil khusus pelayanan yaitu mobil Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling)

“Jadi sangat diimpikan sekiranya ada mobil Mepeling dan tidak lagi membuat petugas bongkar pasang alat, dan itu akan lebih mempermudah petugas dan bisa mempercepat pelayanan,” ungkapnya pada media ini, Jumat 5/4/2019.

Karena menurut Wahasah dengan tidak adanya kendaraan operasional yang memang khusus pihaknya kesulitan untuk melakukan percepatan dan penuntasan.

“Seperti pelayanan jemput bola yang dilakukan, dari sini itu masing gotong-gotong ke mobil dan setelah di tempat masih di angkat lagi, mana lagi kalau sudah sampai ditempat lampunya padam,” keluhnya.

Jadi, sambung Wahasah, kalau sekiranya ada mobil khusus akan lebih mempangkas waktu, dan langsung bisa dilakukan di dalam mobil itu.

Ditanya apakah kendaraan mobil operasional keliling yang memang khusus sudah dimiliki di kabupaten lain, pihaknya mengatakan sudah banyak.

“Untuk mobil pelayanan khusus itu sudah banyak dimiliki oleh kabupaten lain, cuma di kabupaten Sumenep aja yang belum ada,” dalihnya.

Maka dengan itu pihaknya sudah mengajukan proposal ke bupati Sumenep Busyro Karim, cuma mudah-mudahan saja mendapat respon positif.

“Ini kan demi masyarakat di kabupaten Sumenep semoga saja disetujui,” harapnya.

Wahasah juga menjelaskan, bahwa selama ini untuk mobil operasional yang dimiliki Disdukcapil Sumenep cuma 1 unit, tapi pihaknya terus melakukan perekaman keliling guna memenuhi syarat masyarakat Wajib KTP-el sebelum menjelang Pemilu 2019.

“Untuk saat ini kita sudah terus melakukan perekaman keliling, tapi masih menggunakan kendaraan yang ada, dan untuk persiapan itu sangat banyak sekali, karena alat-alat untuk perekaman lumayan banyak, yang jelas pihaknya selama ini sudah berusaha untuk selalu berinovasi dalam mempermudah masyarakat,” tutupnya.(Yas/Rest/Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here