Disdukcapil Sumenep lakukan MOU Pengiriman Dokumen Kependudukan Masyarakat dengan PT.POS Indonesia

0
1189
Kiri Kepala Discukcapil Sumenep Drs.AKH.Zaini.MM bersama Kepala PT POS Sumenep Aquedsa Habibie
Sumenep,Bongkar86.Com  – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep, lakukan MOU dengan PT.POS Indonesia (persero) Kabupaten Sumenep, Terkait pengiriman dokumen kependudukan masyarakat diwilayah Kabupaten setempat.diRuang Kepala Dinas Disdukcapil setempat sekitar pukul 09.00 wib.Rabu 7/3/2018.
Penandatangan MOU tersebut ditanda tangani langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep, Drs.Akh.H.Zaini dan Kepala POS Indonesia Kabupaten Sumenep Aquedsa Habibie yang disaksikan oleh Sektretari Dukcapil Baihaki, Bagian Hukum Pemkab Sumenep, Ananta Yuniarto ,Kabid Pelayanan Imam Subhakti dan Miftahol Arifin.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumenep,Drs.H.Zaini mengatakan bahwa kerjasama ini kita untuk memperbaiki dokumen pelayanan Kependudukan  kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak bolak balik mengurus dokumen ke dinas kependudukan dan catatan sipil lagi hanya menunggu dirumah.
Selain itu, juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dilingkuagan masyarakat maka Disdukcapil berinisiatif dalam tahun 2018,sehingga kita lakukan kerja sama dengan Pihak PT.POS Indonesia diwilayah Kabupaten Sumenep.
Menurutnya setiap dokumen yang di daftarkan ke dinas kependudukan dan catatan sipil Sumenep , para pemohon tidak usah menunggu atau bolak balik ke dinas lagi hanya tinggal menunggu dirumah dan nantinya akan diantarkan langsung kerumah pemohon sama petugas PT.POS.
Lanjut Zaini yang dikenal dengan kedisiplinannya menerangkan terkait kerja sama tersebut pihak dukcapil tinggal menyerahkan dokumen pemohon seperti Kartu Keluarga( KK),Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran juga pemohon Surat Pindah semua itu nantinya akan kita serahkan ke pihak PT.POS supaya diserahkan ke pihak pemohon sesuai alamat pemohon.
Dan tidak semuanya pemohon itu dikirim ke POS tetapi kita menyediakan untuk disediakan pengantarannya kepada pihak POS,tetapi untuk beberapa kasus yang orangnya sangat mendesak supaya dokumen itu selesai pada hari itu juga maka kita tidak akan paksakan mengerimkan dokumen tersebut lewat POS.
Untuk proses pendaftaran pemohon dokumen tetap seperti semula melalui Kecamatan seperti bisa setelah dokumen sudah masuk ke Dinas Kependudukan maka pemohon langsung menunggu dirumah.
Tujuan dari kerja sama ini untuk memudahkan masyarakat biar tidak bolak balik dan mengurangi beban  biaya dirinya dikeluarkan dan juga menghindari hal-hal dari pihak ketiga(calo) yang memanfaatkan proses penertiban dokumen.
Zaini berharap kepada PT.POS memberikan dampak positif kepada masyarakat terkait pengiriman dokumen Kependudukan dan catatan sipil dan juga zaini mengajak kepada masyarakat bahwa dokumen kependudukan ini sangat penting, sehingga penduduk diKabupaten Sumenep semuanya melakukan perekaman biar tercatat dokumen kependudukannya dan setelah tercatat lalu diabdet lagi takut ada kesalahan seperti ada kematian, penambahan.
Sementara kepala PT.POS Indonesia Kabupaten Sumenep Aquedsa Habibie menjelaskan kerja sama ini yang lakukan oleh Disdukcapil Sumenep pihaknya sangat berterima kasih sekali yang sudah mempercayai kami sebagai alat pengartar dokumen kependudukan seperti KTK,KK dan Akta Kelahiran untuk masyarakat Sumenep dengan tepat waktu dan juga tetap sasaran ke pihak pemohon.
Penyerahan dokumen ini bukan cuman daerah darat tetapi juga kepulauan sedangkan daerah kepulauan yang sangat sulit kami jangkau yaitu pulau Masalembu Kecamatan Masalembu sebab terkait masalah transportasinya yang jarang berangkat dari pelabuhan kalianget apalagi satu bulan hanya dua kali operasi ke Masalembu.
Menurut Habibie pengiriman dokumen dari Disdukcapil itu selain dilengkapi alamat juga disertai nomor telpon pemohon(pemilik) untuk menghindari kendala dilapangan seperti pencarian alamat tidak diketahui maka kami menggunakan telpon dimana posisi pemohon berada.
Habibie berharap sebagai jasa terobosan bisa membantu dan meringankan beban masyarakat khususnya dokumen kependudukan diKabupaten Sumenep.(Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here