Dinkes Sumenep Kembali Dampingi Proses Akreditasi 2019 di Puskesmas Pasongsongan

0
168

Sumenep, Bongkar86. Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, kembali melakukan pendampingan proses Akreditasi sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, yang dilakukan oleh Tim Surveyor Akreditasi Pusat.

Pendampingan proses akreditasi kali ini digelar di Puskesmas Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jum’at (30/8/2019) yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sumenep, Kasuba Kepegawaian, dan pendamping Akreditasi Sumenep.

Kepala Puskesmas Pasongsongan Drg.Yenni Trisuci mengatakan, Akreditasi ini adalah kegiatan untuk mengenalkan perubahan puskesmas untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi.

Disamping itu, Akreditasi memang sudah diatur oleh pemerintah yang dalam hal ini merupakan tugas komisi akreditasi, dimana tiap 3 tahun sekali kita melakukan proses akreditasi.

“Tidak ada lain tujuan dilakukan akreditasi agar pelayanan di Puskesmas semakin baik,” katanya. Jumat 30/8/2019

Lanjut, sebenarnya keharusan adanya akreditasi ini dimulai sejak 2016 lalu, jadi pada tahun 2019 ini sudah mencapai 3 tahun dan perlu dilakukan reakreditasi ulang.

“Pertama di tahun 2016 kami sudah lakukan akreditasi dan sekarang tahun 2019 ini kita gelar Reakreditasi,” jelasnya.

Dalam hal pelayanan selama ini Puskesmas Pasongsongan sudah cukup maksimal terhadap masyarakat, hal ini terbukti dengan aktifnya sejumlah layanan yang dibawahi oleh puskesmas Pasongsongan.

“Posyandu kami aktif, kami punya 63 pos untuk balita dan 40 untuk pos lansia, Kami dari 10 desa yang ada kami punya Polindes dan Ponkesdes dan pasti ada perawat dan dokternya,” tutupnya.

Sementara, Kepala dinas kesehata Sumenep, Agus Molyono mengatakan Bahwa kegiatan ini adalah acara penilaian akreditasi Puskesmas Pasongsongan yang dinilai oleh tim Surveyor Akreditasi Pusat.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas dalam melayani masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan survey kelayakan standarisasi pelayanan pada Puskesmas Pasongsongan.

Sedangkan mutu pelayanan meliputi 3 mutu peningkatan diantaranya :
1. Peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
2. Manajemen puskesmas kepada masyarakat.
3. Percepatan pencapaian kinerja puskesmas.

Agus menambahkan, penilaian Akreditasi ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana standar mutu pelayanan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta untuk megetahui standar mutu fasilitas yang dimiliki puskesmas.

Agus berharap dengan pelaksanaan akreditasi ini, Puskesmas Pasongsongan dapat termotivasi  untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. sehingga, kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin.

“Ini juga sebagai bentuk kometmen Dinkes Sumenep untuk mempercepat peningakat masing-masing kinerja puskesmas bagi masyarakat” pungkasnya.(naf/yog/kom/rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here