Dinkes Sumenep Gelar Workshop Persiapan Penerapan Puskesmas BLUD

0
143

Sumenep, Bongkar86. Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura Jawa Timur, menggelar Workshop persiapan penerapan Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di Hotel Utami. Senin 09/09/2019

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Molyono dan dua pemateri dari Dinkes Jawa Timur, dan juga dihadiri segenap Kepala Puskesmas, KTU dan Bendahara se Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Molyono dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan BLUD khusus puskesmas menjadi kepercayaan masyarakat. Karena, pada kegiatan itu dibahas tentang peningkatan regulasi yang ada, sedangkan dari sisi lainnya adalah tentang masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas.

Foto: Kadis Kesehatan Sumenep, Agus Molyono saat memberikan laporan

“Semakin meningkatnya kualitas pelayanan maka harus dilakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan masyakarat berdasarkan regulasi yang ada saat ini,” katanya, Senin (9/9/2019).

Bahkan persiapan BLUD ini dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintah No 23 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan badan pelayanan umum sebagai mana telah diubah pemerintah no 74 tahun 2012.

“Sedangkan program Bupati No 52 tentang penjabaran BPBD tahun anggaran 2019,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa puskesmas merupakan suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Bahkan mwnurutnya, Puskesmas juga sebagai tempat pelayanan paling dekat dengan masyarakat karena perannya strategis.

Foto: Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi membuka acara Workshop persiapan penerapan puskesmas BLUD

“Dari itulah maka kita terus mencari trombosan dan inovasi bagaimana pelayanan kesehatan dipuskesmas semakin baik yang salah satunya menjadikan puskesmas sebagai BLUD,” tandasnya

Sedangkan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) adalah unit kerja pada lapangan kerja perangkat daerah yang di bentuk untuk memberikan pelayanan pada maayarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang di buat tanpa profit tetapi pada prinsip-prinsip defisiensinya.

“Tujuan dari adanya BLUD adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, memajukan dan mencerdaskan bangsa,” imbuhnya.

Lanjut Edy, Puskesmas BLUD yang efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan akan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat. Sehinggah tidak banyak masyarakat dirujuk ke rumah sakit kedepannya dengan berakhirnya pemberian pelayanan kesehatan yang promotif, prefentif di puskesmas.

Dengan adanya BLUD sumber daya manusia, pendapatan dapat ditingkatkan karena bisa melakukan bisnis sehat dengan kaidah-kaidah manegemen.

“Untuk pengolahan SDM dibutuhkan penanganan profesional agar tugas fungsi terlaksana dengan baik sesuai tugas masing-masing,” tutupnya. ( Naf/Yog/Rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here