Dinas Sosial Sumenep Gelar Launching Program Sembako E- Warung 2020, Bupati A. Busyro Karim Berharap Tak Ada Monopoli Beras ke KPM

0
284
Foto: Bupati Sumenep A. Busyro Karim

Sumenep, Bongkar86.com – Launching program sembako (e-warung) tahun 2020, Bupati Sumenep berharap tidak ada monopoli beras di instansi terkait kepada Keluarga penerima manfaat (KPM). Rabu (26/2/2020)

Bertempat di jalan Arya Wiraraja, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim, Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi S.I.K., Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep M. Iksan, serta tamu undangan.

Pada acara launching e-warung tersebut Bupati Sumenep menyampaikan bahwa e-Warung dalam melaksanakan program sembako hendaknya tidak memaketkan penjualan bahan pangan pokok kepada KPM, supaya mereka membeli bahan pangan sesuai dengan kebutuhan keluarganya.

Menurut Buya, dalam proses pembelian bahan pangan, e-Warung jangan sampai menentukan bahkan membatasi waktu pelaksanaannya, namun memberikan kendali kepada KPM untuk menentukan kapan ingin membeli bahan pangan itu.

Ia juga menambahkan bahwa e-Warung tidak harus menetapkan tanggalnya, misalnya tanggal 1 hingga 5, namun tergantung KPM sendiri, Yang pasti, pelaksanaannya harus meningkat, baik kualitas maupun hasil pelaksanaannya dari tahun sebelumnya.

Buya juga berharap tidak ada monopoli beras di instansi terkait baik itu dari Bulog, perbankan, ataupun instansi terkait lainny.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan menambahkan, jumlah penerima program sembako di Kabupaten Sumenep sebanyak 114.044 KPM, berdasarkan rekap data per-Januari 2020, dengan besaran dana sebesar Rp150.000,00 per-KPM setiap bulannya.

Terkait beredarnya berita beras plastik, Kepala Dinas Sosial memberi 5 cara untuk membedakan beras asli dengan beras plastik, yakni :

1. Mencium aroma beras, karena aroma beras asli dengan plastik sangat berbeda.

2. Rendam kedalam air, jika beras asli maka beras akan tenggelas sedangkan beras plastik akan mengapung.

3. Beras asli mempunyai inti sari, seperti halnya saat dicuci beras asli merubah warnah air menjadi putih itu dikarenakan beras asli memiliki inti sari karbohidrat.

4. Beras asli jika dibakar akan berwarna hitam sedangkan beras plastik akan meleleh

5. Beras plastik ketika sudah dimasak warnanya terlihat bening semenrara beras asli warnanya agak putih susu.(yog/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here