Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Gebyar Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri

0
1147
Bupati Busyro Karim saat memberikan sambutan

Sumenep, Bongkar86. Com – Bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai rumah tangga, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep , Madura , Jawa Timur. Gelar acara Gebyar Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri ( GP3 M) 2018 . Ditempatkan di Gedung Korpri Sumenep. Sabtu (06/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Kh. A. Busyro Karim selaku Bupati, didampingi Nurfitriana Busyro, Bunda Paud Sumenep, Dr. Subi Sudarta dari Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Perwakilan sejumlah bank, dan para peserta dari kelompok pemberdayaan perempuan serta sejumlah PAUD di Sumenep yang mengikuti lomba menggambar.

H. A. Shadik selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep menjelaskan, perempuan merupakan kunci utama bagi peningkatan kualitas generasi. Sebab, merekalah yang menjadi pendidik pertama dan utama dalam kehidupan anak di rumah tangga. Oleh karena itu, Gebyar Sarasehan GP 3 M dirasa sangat penting untuk dilaksanakan, tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai ibu rumah tangga .

“Tujuan ini termasuk untuk meningkatkan pendidikan dan kemandirian perempuan ,” katanya.

Selain itu, Sarasehan GP 3 M juga bertujuan untuk memberikan bekal agar perempuan mandiri dari berbagai aspek dan meningkatkan ekonomi keluarga melalui kegiatan pendidikan. Misalnya untuk mengurangi angka buta aksara , khususnya pada kaum perempuan.
Dalam acara yang juga dihadiri Dr. Subi Sudarta, Kasi Pendidikan Berkelanjutan dari Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Shadik menyampaikan harapan agar program tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

Menanggapi hal tersebut, Subi Sudarta langsung menyatakan, di Ditjen Paud dan Dikmas ada program bantuan yang memang untuk PAUD.

“ada program serupa BOS, namanya BOP PAUD ( Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD). Nanti tinggal ajukan saja berbasis data. Saya tunggu , sepulang dari sini semoga sudah dikirim ,” ujarnya.

Bupati Sumenep KH . A. Busyro Karim turut mengapresiasi adanya kegiatan tersebut . Ia menilai peningkatan kualitas perempuan sangat penting agar perannya dalam kehidupan semakin maksimal .

“Etos kerja yang sudah mantap harus dibarengi dengan skill (kemampuan) yang memadai. Karena itu, maka peningkatan kualitas perempuan melalui Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3 M) sangat penting,” tukasnya.( Rena/Apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here