Diduga Tak Ada Keterbukaan Penyaluaran BLT DD, Puluhan LSM Gabungan Minta Kadis PMD Sampang Turun Dari Jabatannya

0
226

Sampang, Bongkar86.com – Puluhan LSM gabungan turun jalan minta Kepala DPMD Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, mundur dari jabatannya. Selasa 09/6/2020

LSM gabungan tersebut terdiri dari LSM JCW, MDW, Jaka Jatim, GMBK dan GPN gelar aksinya didepan kantor DPMD Sampang.

Mereka melihat ketidak keterbukaan dalam penyaluran maupun pengawasan khususnya bantuan BLT DD. Bahkan menilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang dinilai lalai menjalankan tugas dan fungsinya.

Ketua LSM JCW Sampang, H. Moh. Tohir mengatakan bahwa aksi ini digelar oleh LSM gabungan karena menilai DPMD tidak mengindahkan PermenDesa nomor 6 tahun 2020, tentang perubahan PermenDesa nomor 11 tahun 2019 yang mengatur tentang prioritas penggunaan anggaran untuk mendukung pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

“Kami ingin keterbukaan dari DMPD dalam penyaluran dan pengawasannya beberapa bantuan penanganan pandemi Covid-19.

Bahkan Tohir menuding Kepala DPMD Sampang tidak becus dalam mengemban amat dan mundur saja dari jabatannya. Karena kinerjamu banyak melukai rakyat

Sementara, Malik Amrullah Kepala DPMD Kabupaten Sampang menjelaskan didepan para aksi bahwa pencairan BLT DD tidak sesuai dengan aturan karena sebagian Desa tidak menghendaki pencairan tunai, karena itu beresiko.

“Bahkan, kata Amrullah ada 18 Desa tidak mau pencairan tunai, malah minta menggunakan rekening.

Menurut Amrullah, apalagi data sudah lengkap, tak mungkin dengan sangat singkat bisa menerbitkan buku rekening.

“Lanjut Amrullah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak bank.
“Kalau menunggu rekening, pencairannya setelah hari raya,” kata Malik.

Sedangkan terkait dengan data, kata Amrullah, hampir di semua Desa ditarik oleh Desa demi perbaikan dan dalam minggu ini semua data harus masuk.(RH/Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here