Dapat Ide Gelar Lomba Karapan Kambing, Kapolres Sumenep dari Safari Trail Ke Pelosok Desa

0
464
Kiri Kapolres Sumenep AKBP Fadillah Zulkarnaen berbincang bersama Bupati A.Busyro Karim

Sumenep, Bongkar86. Com – Menariknya dari karapan kambing di Madura khususnya di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Membuat AKBP Fadillah Zulkarnaen

Tertarik sehingga di jadikan sebuah lomba meriahkan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke 72.

AKBP Fadillah Zulkarnaen selaku Kapolres Sumenep menjelaskan, ide mengangkat Karapan kambing untuk dijadikan Budaya Lokal Kabupaten Sumenep datang tampa disengaja.

Menurutnya semua ini pihaknya berawal saat sedang safari trail di daerah Kecamatan Bluto, ia mendapati beberapa masyarakat yang sedang melakukan karapan tersebut, ” jelasnya Fadillah dalam sambutannya. Minggu 29/7/2018.

“Bahkan rasa itu ketertarikannya ke karapan kambing tersebut langsung di tindak lanjuti dengan mengundang sejumlah masyarakat dari berbagai daerah Sumenep, guna memusyawarahkan dan mengembangkan karapan kambing jadi Seni Budaya Lokal Kabupaten Sumenep. Dan idenya mendapat respon positif dari masyarakat, bahkan antusias agar secepatnya untuk diapresiasikan dalam bentuk event.

Menurutnya, karapan kambing sangat berpotensi sebagai media pemersatu Rakyat Madura.Karapan kambing berpotensi juga untuk dijadikan seni budaya lokal Kabupaten Sumenep, yang nantinya akan berkembang pada paket wisata seni dan budaya Sumenep. Bukan itu saja, karapan kambing dirasa berpotensi mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Sedangkan yang biasanya kemaren harga kambing cuma kisaran Rp 500 ribu, untuk saat ini bisa naek. Apalagi kalau kambing tersebut jadi juara, bisa jadi ratusan juta”,ujarnya.

Agar hal diatas bisa terwujud, Fadillah berharap banyak adanya koordinasi dan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep, ” pintanya Fadillah.

“Diharapkan even karapan kambing akan terus berkesinambungan,dan kiranya budaya lokal ini,untuk selanjutnya difasilitasi baik sarana maupun prasarannya”, harapnya. ( And/Apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here