Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna Pantau Jalannya Latihan Penanggulangan Bencana di Sungai Kebunagung

0
147

Sumenep, Bongkar86. Com – Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna pantau langsung jalannya latihan penanggulangan bencana di sungai Kebunagung Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Kamis (21/11/2019)

Simulasi atau latihan yang penanggulangan bencana khususnya dalam bencana banjir di Sumenep melibatkan pihak terkait yaitu TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Tagana.

Menurut Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna mengatakan, proses pelatihan ini untuk meningkatkan koordinasi, menyungkronkan SOP masing – masing. Sehingga saat kita dihadapkan dengan bencana sudah tau tugas masing-masing.

Dandim juga berharap, masyarakat harus meningkatkan kesadaran akan lingkungan. Karena saat ini masuk musim hujan maka jangan membuang sampah ke sungai yang bisa menyebabkan banjir.

“Kita ini selaku aparat dan instansi terkait serta Badan Penanggulangan Bencana sifatnya hanya membantu, yang utama adalah kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, tidak tinggal di bibir sungai.” Ujar Dandim

Sementara Kepala BPBD, Abd Rahman Riadi mengatakan, bahwa Badan PenanggulangN Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep sudah membentuk Desa tangguh Bencana di Desa yang memiliki potensi bencana baik itu longsor, kekeringan Banjir dan angin puting beliung.

Tujuan dibentuknya Desa tangguh bencana ini dalam rangka menciptakan kemandirian di tingkat desa dalam menghadapi bencana. Sehingga diharapkan desa tersebut mampu melakukan langkah – langkah strategis, tentunya di desa tersebut akan kami bentuk Forum Penanggulang Resiko Bencana (FPRB).

“Kami bentuk FPRB agar saat terjadi bencana didesa mereka bisa tau langkah-langkah dalam penanggulangannya dan ketika kami dari kabupaten turun kedesa yang terkena bencana sudah tahu data – data dari jumlah pengungsi.”(yog/rest/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here