Cegah Laka Lantas Akibat Melebihi Batas Muatan, Satlantas Polres Pamekasan Gelar Operasi ODOL

0
283
Foto: Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Didik Sugiarto

Pamekasan, Bongkar86. Com – untuk mengurangi kecelakaan akibat kendaraan yang melebihi batas muatan, Satlantas Polres Pamekasan, Madura Jawa Timur, gelar Operasi Over Dimensi dan Over Load (ODOL).

Operasi ODOL tersebut dilaksanakan dengan cara hunting sistem, yang dilakukan setiap hari oleh Unit Turjawali Satlantas Polres Pamekasan di beberapa jalan di Pamekasan.

“Apabila kendaraan angkutan barang yang melebihi batas muatan maupun batas dimensi maka akan ditindak oleh anggota Satlantas unit Turjawali yang ada di lapangan,” jelasnya Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Didik Sugiarto, Senin (20/1/2020).

Menurut Didik, sejak 1 Januari 2020 lalu hingga sekarang sudah terdapat 12 kendaraan yang dilakukan penindakan. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas yang diakibatkan oleh kendaraan yang melebihi batas muatan dan dimensi.

“Sehingga akan mengurangi jumlah kecelakaan dan konban fatalitas lakalantas yang diakibatkan oleh kendaraan angkutan barang yang melebihi batas muatan,” ujarnya

Penindakan itu dilaksanakan dalam rangka operasi Over Dimensi dan Over Load (ODOL) sesuai dengan Pasal 307 yakni setiap orang yang tidak mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 169 (1), dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

“Kemudian, pasal 169 (1) pengemudi dan atau perusahaan angkutan umum barang wajib mematuhi ketentuan mengenai tatacara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan dan kelas jalan,” tutup Kasatlantas.(bay/din/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here