Cegah Covid-19 Di Pemungutan Suara, KPU Sumenep Gelar Simulasi Pilkada

0
164

Sumenep, bongka86.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa timur, gelar simulasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 dalam pandemi covid-19. Sabtu, 31/10/2020.

Kegiatan yang di gelar sekitar pukul 07.00 Wib di Lapangan Stadion Ahmad Yani Sumenep di hadiri oleh Kord. Divisi SDM KPU RI Ilham Saputra, Ketua KPU Kabupaten Sumenep Abdul Warits beserta jajarannya dan 264 peserta undangan surat suara dan 2,5 persen cadangan dalam kegiatan simulasi tersebut.

Kord Divisi SDM KPU RI Ilham Saputra Menjelaskan Dalam kegiatan tersebut kita bisa lihat dalam pelaksanaan simulasi, kita terapkan protokol kesehatan (Proskes) menggunakan masker karena ini bagian dari upaya kami untuk proses pemilihan Pilkada tahun 2020 dipandemi Covid-19.

“Sebab kegiatan simulasi ini merupakan sebuah pembelajaran bagi petugas KPPS dan PPS agar mekanisme protokol kesehatan Covid-19 dijalankan dengan baik.

Ilham Saputra juga menjelaskan prosesnya dari awal sebelum di mulai kita lakukan semprot kan disenfektar kemudian juga masyarakat datang kita cek dulu suhu tubuhnya, kemudian di pintuh masuk kita buatkan cuci tangan protebel.

Lanjut Iham, ketika mereka masuk kita berikan sarung tangan agar saat mereka menerima surat suara atau kemudian berinteraksi dengan orang lain tidak terpapar covid-19.

Sedangkan di pintu keluar, kata Ilham mereka membuka sarung tangannya untuk menandai tangan jarinya dengan tinta yang memasukkan ke botol.

Jadi prosesnya penyeplosan siapkan protokol Covid yang ketat dan insaallah masyarakat tidak perlu kawatir untuk datang ke TPS karena seluruh persedurnya sudah dilakukan dengan baik.

Ilham Saputra menegaskan untuk menghindari kerumunan, pihaknya mengatur untuk para undang atau pemilih dengan waktu.

Sementara Ketua KPU Sumenep Abdul Warits menjelaskan bahwa, pihaknya sudah siap dengan tahap – tahapannya seperti rapid test kepada seluruh KPPS, supaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini tidak menjadi kelaster baru.

Bahkan, kata Warits, pihaknya akan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Warits menambahkan bahwa pihaknya akan berkordinasi dengan Satgas, dikarenakan data itu ada di Satgas. (byl/fer/yog).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here