Bupati Sumenep Tekankan DD/ADD Tidak Lagi Diprioritaskan Untuk Membangunan Fisik Saja

0
95
Foto: Bupati Sumenep, A. Busyro Karim saat memberikan sambutan di acara Inovasi Desa

Sumenep, Bongkar86. Com – Sudah bukan rahasia lagi sejak diberlakukannya aturan tentang pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) yang harus dikelola oleh Desa setempat sampai hari ini dinilai belum cukup maksimal pemanfaatannya.

Hal itu dikarenakan pemanfaatan DD/ADD selama ini hanya diprioritaskan untuk pembangunan Fisik saja semisal pembangunan Infrastruktur di setiap Desa dan pembangunan fisik lainnya.

Pada dasarnya dalam pemanfaatan DD/ADD sebelum direalisasikan sudah diatur sedemikian rupa penggunaannya namun, selama ini yang tampak jelas hanya dalam pembangunan Fisik saja.

Dalam Peraturan Pemerintah (Permen) sudah diatur sejumlah prioritas penggunaan DD/AAD dengan jelas diantaranya; untuk pembangunan Desa, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Melihat itu semua, Pemerintah Kabupaten Sumenep menekankan Pemerintahan Desa tidak hanya memfokuskan Dana Desa (DD) untuk pembangunan infrastruktur saja namun, harus merubah prioritas pemanfaatannya seperti meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

“Kedepan pemanfaatan DD/ADD harus lebih merata tidak lantas fokus untuk pembangunan fisik saja, harus juga diprioritaskan terkait peningkatan SDM masyarakat,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Ambunten, Senin kemarin (02/09/2019).

Bupati Sumenep juga menyampaikan, pemerintah pusat pada tahun tahun sebelumnya memang lebih memprioritaskan pada pembangunan infrastruktur namun, pada tahun ini prioritasnya sudah berubah yakni untuk peningkatan SDM masyarakat.

“Jadi kedepan pemerintah harus mampu berinovasi dalam peningkatan SDM sehingga, kesejahtraan masyarakat desa segera terwujud dengan maksimal,” tegasnya.

Bahkan pihaknya menekankan, Pemerintahan Desa juga menggenjot potensi Desa melalui inovasi pengembangan secara berkelanjutan dalam rangka memberdayakan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraannya. Itu dilakukan, karena setiap Desa di Kabupaten Sumenep memiliki potensi luar biasa yang perlu dimaksimalkan.

“Kami yakin, jika Pemerintahan Desa mengelola potensi Desa dengan maksimal melalui inovasi dan kreatifitasnya, bisa meningkatkan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(naf/rest/apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here