Bupati Pamekasan Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke 73

0
548
Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam saat pimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke 73 Provinsi Jawa Timur

Pamekasan, Bongkar86. Com – Bupati Pamekasan, Madura Jawa Timur. H. Baddrut Tamam Pimpin Upacra Peringatan Hari jadi Provinsi Jatim yang ke 73. Rabu (17/10/2018).

Dalam acara tersebut tampak hadir Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat serta seluruh staf dilingkungan Pemkab Pamekasan.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutan teks tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam menyampaikan, Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 73 ini merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah serta merupakan sarana mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah jawa timur dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia.

Menurutnya Peringatan Hari Jadi Provinsi tak lepas dari sejarah terbentuknya Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dimulai pada penyelenggaraan pemerintahan provinsi pada tanggal 12 oktober 1945 dengan Gubernur pertama Raden Mas Tumenggung (r.m.t) Soerjo. Momentum tanggal 12 oktober 1945 inilah yang disepakati sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, dan kemudian dituangkan dalam peraturan daerah (perda) Provinsi Jawa Timur nomor 6 tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Menurut perjalanan sejarah Jawa Timur dengan semangat gotong royong, toleran, santun, agamis adalah ciri khas sekaligus modal dasar (human capital) pembangunan yang sangat fundamental. Semangat juang yang tak kenal menyerah terus dilakukan oleh para pemimpin-pemimpin Jawa Timur sejak Raden Mas Tumenggung Soerjo hingga sekarang.

” Pada era kepemimpinan saya bersama Gus Ipul pembangunan diarahkan pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yaitu pembangunan ekonomi yang berorientasi pada pertumbuhan yang disertai dengan pemerataan, sehingga pertumbuhan ekonomi secara positif mampu menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT), menurunkan kesenjangan serta mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Arah pembangunan itu merupakan amanat konstitusi sebagaimana pembukaan uud 1945, yang secara substansinya merupakan pesan tujuan negara mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”. Tuturnya.

Tema Peringatan Hari Jadi ke 73 Provinsi Jawa Timur Tahun 2018, kali ini adalah Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital merupakan sebuah tekad dan semangat provinsi jawa timur membangun ekonomi berbasis digital, agar mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan dengan fokus pada segmen industri umkm.

Semangat dan tekad sehubungan dengan tema hari jadi dimaksud, sangat relevan dengan persoalan dan tantangan jawa timur kedepan yang tidak ringan, yaitu bonus demografi yang sudah akan terjadi di jawa timur pada tahun 2019 dengan jumlah usia produktif mencapai 69,9 persen; sedangkan Nasional baru terjadi pada 2028. (hms/eny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here