Bupati A. Busyro Karim Bersama Dinas Lingkungan Hidup Sumenep Gelar Aksi Bersih-Bersih di Pantai Kalianget, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

0
31
Foto: Bupati Sumenep, A. Busyro Karim saat mimpin aksi bersih-bersih dipantai Kalianget dalam rangka peringati hari lingkungan hidup sedunia

Sumenep, Bongkar86. Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi bersih-bersih dipinggir pantai Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun 2019. Jumat (13/09/19).

Acara tersebut dihadir langsung oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si, Ketua TP PKK Sumenep, Nurfitriana, Kepala DLH Sumenep, Koesman Hadi, serta Forkopimda Sumenep, segenap Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sumenep, Camat Kalianget, pelajar SMA dan juga masyarakat Kalianget.

Bupati Sumenep, Busyro Karim dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, pihaknya mengajak kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup harus terus ditingkatkan.

Sebab hari demi hari kualitas kebersihan lingkungan sekitar semakin mengkhawatirkan. Bahkan
setiap tahun tingkat polusi udara di dunia semakin bertambah, hal tersebut akan berdampak negatif terhadap kehidupan kita sehari-hari.

Menurut Buya, penyebab populasi kematian salah satunya adalah akibat pencemaran udara yang diakibatkan oleh limbah dan polusi yang menjadi faktor dominan.

Buya menambahkan, sedangkan kematian yang disebabkan oleh polusi udara 3X Lebih banyak dibandingkan kematian yang disebabkan oleh malaria, Tuberkulosis dan AIDS setiap tahunnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, Drs. Koesman Hadie, M.Si mengungkapkan, kegiatan aksi bersih-bersih dipantai dalam rangka Hari Lingkungan Hidup ini sebagai upaya menjaga lingkungan dari pencemaran sampah, utamanya sampah plastik yang sulit diurai.

Selain menjaga lingkungan pantai, juga untuk mendorong proses perubahan perilaku masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan baik di lingkungan pemukiman maupun dibibir pantai.

Usman berharap, dengan adanya aksi bersih-bersih sampah ini akan menjadi perilaku masyarakat sehari-hari dalam menjaga lingkungan hidup. (naf/yog/rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here