5 Tahun Akses Jalan di Kecamatan Guluk-Guluk Rusak Parah, DPRD Sumenep Minta Pemerintah Segera Perbaiki

0
12
Foto: Irwan Hayat, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumenep

Sumenep, Bongkar86. Com – Akses jalan menuju Destinasi Wisata Gua Payudan yang berada di wilayah Kecamatan Guluk-Guluk sejak 5 tahun lalu sudah dalam kondisi rusak.

Oleh sebab itu, Irwan Hayat, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumenep meminta pemerintah agar segera melakukan perbaikan tersebut.

Pasalnya, selain akses jalan menuju Distinasi Wisata Gua Payudan jalan itu merupakan jalan penghubung sejumlah desa di Kecamatan Guluk-Guluk diantaranya; Desa Bragung, Tambuko, Nangger dan Desa Payudan Daleman.

“Kondisinya benar-benar sangat memprihatinkan jadi harus segera dilakukan perbaikan sehingga masyarakat dapat meninkamati akses yang layak,” katanya, Rabu (04/09/2019).

Akses disana menurutnya, juga merupakan jalan poros Desa yang setiap saat dilalui oleh masyarakat setempat baik dalam akses Ekonomi, Pendidikan dan lainnnya.

“Jalan itu juga akses masyarakat menuju Pasar Ganding dan juga Pasar Pakong, sehingga jika tidak segera dilakukan perbaikan, Perekonomian dan juga Pendidikan masyarakat setempat sedikit terkendala,” tegasnya.

Menelisik dari nilai-nilai sejarah Kabupaten Sumenep lanjut Hayat, Gua Payudan bukanlah sebuah tempat sembarangan melainkan Gua Payudan merupakan tempat yang memiliki sebuah sejarah yang sangat berarti dalam kehidupan Rakyat Sumenep.

“Gua Payudan dari dulu dikenal dengan tempat pertapan Potre Koneng dan Joko Tole jadi, sangat disayangkan akses menuju lokasi yang mempunyai nilai sejarah besar dibiarkan rusak parah, kami tekankan pemerintah harus segera memperbaikinya,” tutup Politisi asal Dapil III Sumenep.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto, mengatakan perbaikan jalan di Kecamatan Guluk-guluk itu akan dianggarkan sebesar Rp 2 miliar lebih di perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2019.

Pihaknya juga telah melakukan survei lokasi untuk persiapan perbaikan jalan tersebut. Hasilnya, tingkat kerusakan jalan sangat parah, sehingga harus segera diperbaiki.

“Jalan tersebut memang membutuhkan kecepatan untuk dilakukan perbaikan. Karena jalan itu merupakan akses menuju salah satu destinasi wisata dan jalan ke pasar kecamatan,” pungkasnya.(naf/rest/apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here