1.442 Kotak Suara Tiba Di KPU Pamekasan Tanpa Ada Pengawalan Dari Aparat Kepolisian

0
256

Pamekasan, Bongkar86.com – Sebanyak 1.442 kotak suara dan bilik pencoblosan tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Madura Jawa Timur, tanpa pengawalan dari aparat kepolisian.

Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi, mengatakan ada hal yang janggal terkait proses pengiriman logisitik pemilu ke KPUD Pamekasan. Bilik dan Kotak Surat suara yang tiba kamis malam sekitar pukul 21.10 WIB itu justru hanya dikawal oleh petugas percetakan.

“Ini akan saya tanyakan ke KPU, karena seharusnya dokumen negera seperti itu harus dikawal oleh kepolisian,” Terangnya. Jumat 8/2/2019.

Saidi menambahkan, sangat disayangkan sikap KPUD Pamekasan yang dinilai lambat dalam memberikan informasi tentang pengiriman surat suara ke Kabupaten Pamekasan. Pasalnya, pihaknya baru menerima kabar setelah mobil truk kontainer yang membawa logistik sudah tiba di Kabupaten Sampang.

“Harusnya ada komunikasi dari awal, jadi kami bisa langsung berkoordinasi untuk memastikan apakah pengriman logistik itu mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian atau tidak,” Sesalnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah membenarkan datangnya logistik pemilu tersebut tanpa kawalan dari aparat kepolisian. Pihaknya berdalih hal tersebut bukanlah tanggung jawab KPU setempat.

“Itu bukan tanggung jawab kami, jadi kami lepas tangan jika terjadi hal-hal diluar dugaan sepanjang perjalanan dari percetakan hingga ke Pamekasan,” Ujar Hamzah.

Hamzah memastikan, saat ini, aparat kepolisian tengah melakukan penjagaan ketat terhadap logistik pemilu yang berisi surat suara, selama berada di gudang KPU Kabupaten Pamekasan.
“Kalau sekarang sudah dijaga aparat,” Pungkasnya.(din/en/rest/im).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here